Tribun Bisnis

Saham Teknologi Terpuruk, SoftBank Vision Fund Catat Rekor Kerugian 27 Miliar Dolar AS

SoftBank Group Corp melaporkan rekor kerugian pada unit investasi Vision Fund pada Kamis (12/5/2022) karena saham teknologi yang terpukul.

Editor: Theresia Felisiani
Saham Teknologi Terpuruk, SoftBank Vision Fund Catat Rekor Kerugian 27 Miliar Dolar AS
MANIICHI.JP
SoftBank Group Corp melaporkan rekor kerugian pada unit investasi Vision Fund pada Kamis (12/5/2022) kemarin, karena saham teknologi yang terpukul oleh kenaikan suku bunga The Fed dan regulasi keras pemerintah China. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - SoftBank Group Corp melaporkan rekor kerugian pada unit investasi Vision Fund pada Kamis (12/5/2022) kemarin, karena saham teknologi yang terpukul oleh kenaikan suku bunga The Fed dan regulasi keras pemerintah China.

Vision Fund mencatat kerugian sebesar 27,4 miliar dolar AS pada tahun keuangannya yang berakhir pada 31 Maret lalu.

Ini merupakan kerugian terbesar sejak unit tersebut diluncurkan pada tahun 2017 silam.

Melansir dari CNBC, pasar global berada dalam kekacauan setelah investor bersaing dengan inflasi dan kenaikan suku bunga Bank Sentral AS The Fed, yang menyebabkan investor berpaling dari saham teknologi dengan pertumbuhan tinggi.

Konflik antara Rusia dan Ukraina yang sedang berlangsung dan pandemi Covid-19 di China, telah menambah tekanan pada pasar global.

Selama presentasi pendapatan yang diadakan pada Kamis kemarin, CEO SoftBank Masayoshi Son mengatakan faktor-faktor inilah yang menjadi penyebab terguncangnya pasar global.

Salah satu perusahaan yang berkontribusi pada kerugian Vision Fund adalah e-commerce asal Korea Selatan Coupang, yang go public tahun lalu di AS.

Tahun ini, harga saham Coupang mengalami penurunan hampir 60 persen.

Selain Coupang, perusahaan ride-hailing Singapura Grab dan perusahaan pengiriman AS Doordash, turut menambah kerugian Vision Fund.

SoftBank juga mengungkapkan terdapat penurunan valuasi pada beberapa perusahaan yang dinvestasikannya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas