PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

4 July 2021

LATIHAN SOAL TES CPNS 2021 (Kumpulan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2021 dan Pembahasannya)

| 4 July 2021
Kumpulan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2021/2022 dan Pembahasannya


Kumpulan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2021/2022 dan Pembahasannya. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyebutkan pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS akan menyediakan soal yang komprehensif. Soal tes CPNS 2021 disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tergabung dalam satu tim dari beberapa perguruan tinggi, yang juga melibatkan BNPT. Dengan melibatkan berbagai lembaga ini, Materi tes CPNS tahun 2021 akan ditekankan aspek mengenai cinta negara dan wawasan kebangsaan.

Adapun pelaksanaan ujian tertulis diselenggarakan oleh masing-masing kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah. Pelaksanaan ujian atau tes CPNS 2021 direncanakan mulai  Agustus sampai Oktober 2021. Tes CAT sendiri akan menguji kemampuan dasar (TKD). Materi yang diuji meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.

Kumpulan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2021/2022 dan Pembahasannya ini mengacu pada Kisi-kisi Soal Tes CPNS namun jauh dari sempurna. Adapun kisi-kisi materi tes kompetensi bidang disusun dan ditetapkan oleh setiap instansi pembina jabatan fungsional. Kisi-kisi soal CPNS yang diaplikasikan dalam CAT memiliki komposisi sebagai berikut:
a. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
1. 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
2. 30 soal Tes lnteligensi Umum (TIU)
3. 40 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

b. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) selanjutnya berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKB yang akan diujikan bergantung kepada Kementerian dan lnstansi terkait dan berbeda satu sama lain.

Nilai ambang batas tersebut adalah nilai minimum yang harus dipenuhi dalam setiap subtes. Artinya, peserta ujian CPNS akan lolos jika nilai yang didapatkan pada setiap subtes memenuhi nilai ambang batas tersebut. Sebaliknya, berapapun nilai total yang didapatkan tidak akan berpengaruh jika ada salah satu subtes yang nilainya di bawah ambang batas.

Bila kini kamu sedang bersiap menghadapi tes tersebut, berikut materi Soal tes SKD CPNS 2021/2022 yang bisa menjadi bahan untuk persiapan menghadapi Soal tes SKD CPNS 2021/2022. Ada tiga jenis tes SKD CPNS 2021/2022 yang harus dikerjakan peserta SKD CPNS 2021/2022, yakni TKP, TWK, dan TIU.

Berikut penjelasan masing-masing tes. 1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal tes TKP CPNS 2021/2022 akan menilai perilaku terkait pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme. 2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Soal tes TWK CPNS 2021/2022 diujikan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia. 3. Tes Intelegensi Umum (TIU). Soal Tes TIU CPNS 2021/2022 menilai tiga kemampuan peserta, yakni kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural. Kemampuan verbal meliputi analogi, silogisme, dan analitis. Sementara, kemampuan numerik berhubungan dengan berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita. Lalu, kemampuan figural mengukur kemampuan peserta dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar, perbedaan beberapa gambar, dan pola hubungan dalam bentuk gambar.

Jumlah soal tes TKP CPNS 2021/2022, melansir Permenpan RB No 24 Tahun 2019 yang telah diubah dengan Permenpan Nomor 27 Tahun 2021, adalah 35 soal. Untuk penilaian materi TKP, akan dilakukan skoring 1-5 (satu hingga 5). Bila peserta tidak menjawab maka nilainya 0 (nol). Sehingga untuk tes TKP, baiknya peserta jangan mengosongkan jawaban, sebab setiap jawaban memiliki nilai sendiri.

Sedangkan jumlah soal dan penilaian tes TWK dan TIU. Melansir Permenpan RB No 24 Tahun 2019 yang telah diubah dengan Permenpan Nomor 27 tahun 2021, jumlah soal tes TWK CPNS 2021/2022 sebanyak 30 soal dan Soal tes TIU CPNS 2021/2022 sebanyak 35 soal. Penilaiannya dilihat dari benar dan salah, yakni: Jika peserta menjawab dengan benar, maka akan mendapatkan nilai 5 (lima). Jika peserta salah atau tidak menjawab, maka akan mendapatkan nilai 0 (nol). Sehingga untuk tes TWK dan TIU, baiknya peserta lebih detail karena perbedaan nilai antara jawaban yang salah dan benar cukup jauh. Skor maksimal dan minimal Dari penjumlahan nilai tes TWK, TIU, dan TKP maka nilai maksimal untuk SKD CPNS 2021/202 ialah 500 (lima ratus). Skor tersebut dijumlahkan dari: Nilai maksimal untuk TKP sebesar 175 Nilai maksimal untuk TIU 175 Nilai maksimal untuk TWK 150 Sedangkan untuk nilai ambang batas SKD CPNS 2021/2022, skor minimal yang harus dipenuhi peserta ialah: Nilai ambang batas TKP 126 Nilai ambang batas TIU 80 Nilai ambang batas TWK 65 Namun, aturan tersebut tidak berlaku bagi peserta yang mendaftar pada jenis penetapan kebutuhan formasi khusus.

Bagi Anda yang berniat mengikuti seleksi CPNS tahun 2021/2022, berikut adalah tips yang perlu Anda ketahui agar sukses dalam menghadapi Soal tes CPNS tahun 2021/2022 , sebagai berikut:

1. Pelajari Soal tes CPNS tahun 2021/2022.
Ada tiga jenis Soal tes CPNS tahun 2021/2022 yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sebelum mengikuti ujian, Anda harus mempersiapkan diri dengan banyak mengerjakan latihan soal. Jangan malas latihan Soal Tes CPNS tahun 2021/2022. Tentang peserta harus menjawab benar dan cepat kuncinya ada di latihan. Bahkan atlet pun untuk mencapai juara harus berlatih terus menerus hingga batas maksimal. Siswa SMA saat mengerjakan UAN pun latihan soal berbulan-bulan untuk menghadapi ujian nasional, begitu pula dengan peserta CPNS yang seharusnya berlatih soal dan berlatih manajemen waktu untuk mengerjakan soal tes CPNS tersebut.

2. Percaya diri
Anda sudah mempersiapkan semua dengan baik, mulai dari memastikan kelengkapan berkas, menentukan pilihan formasi, hingga menguasai ketiga bidang tes CPNS. Maka selanjutnya Anda harus menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan sendiri saat menghadapi Soal tes CPNS tahun 2021/2022. Percayalah bahwa Anda pasti bisa mengerjakan soal dengan lancar. Rasa optimistis dapat memberi sugesti yang positif ke alam bawah sadar, sehingga Anda akan merasa lebih siap secara mental.

3. Kerjakan Soal Tes CPNS tahun 2021/2022 yang mudah terlebih dahulu.
Kemudian trik untuk menghemat waktu, selalu mengerjakan yang mudah terlebih dahulu karena waktunya bisa untuk mengerjakan soal yang sulit. Peserta CPNS tadi mampu membuat manajemen waktu untuk mengerjakan soal-soal tersebut.

4. Atur waktu dengan baik
Soal tes CPNS tahun 2021/2022 bukan hanya harus dijawab dengan tepat namun juga cepat, karena ada waktu pengerjaan soal. Untuk itu, selain mempelajari dan memahami soal seleksi CPNS, Anda juga harus latihan untuk mengatur waktu ujian dengan baik. Saat ujian berlangsung, jawablah pertanyaan yang menurut Anda mudah terlebih dahulu. Jangan sampai Anda terlalu sibuk memecahkan satu soal hingga lupa bahwa masih banyak soal lain yang harus diselesaikan.
Hitung waktu mengerjakan soal. Pertama, lihat-lihat terlebih dahulu Soal Tes CPNS tahun 2021/2022 lalu pelajari. Berikutnya mulai mencoba mengerjakan soal- soal dan dihitung waktu pengerjaan per sesi, sehingga kita jadi mendapatkan gambaran kalkulasi waktu untuk pengerjaan per soal per sesi.

5. Survey lokasi
Sebelum melakukan tes, jangan lupa untuk survey lokasi terlebih dahulu. Anda harus memastikan bahwa Anda mengetahui lokasi ujian. Tentukan rute yang akan Anda lalui dan buat estimasi waktu perjalanan dari tempat tinggal ke lokasi ujian. Hal ini dilakukan guna memperkecil risiko datang terlambat di hari ujian.

6. Datang lebih awal
Datang terlambat dapat mengacaukan pikiran Anda. Akhirnya, Anda akan panik dan kehilangan fokus saat mengerjakan soal. Selain itu datang terlambat juga akan mengurangi waktu yang Anda punya untuk mengerjakan soal. Usahakan untuk datang satu jam lebih awal. Sambil menunggu waktu, Anda bisa mempelajari soal tes dan mempersiapkan mental agar lancar saat mengerjakan soal.

7. Kerjakan dengan tenang
Dalam mengerjakan Soal tes CPNS tahun 2021/2022 lakukan dengan tenang. Merasa gugup saat mengerjakan ujian memang hal yang wajar, terlebih kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS hanya datang satu tahun sekali. Namun, jangan biarkan rasa gugup menghambat Anda ketika mengerjakan soal. Ketika terlalu gugup, Anda bisa kehilangan fokus hingga melupakan semua yang telah Anda pelajari.  Peserta harus tenang dalam mengerjakan soal, karena jika sudah panik biasanya akan terjadi kebuntuan dalam berpikir. Soal yang sebenarnya tidak sulit menjadi sulit lalu panik karena waktu sudah mau habis.

8. Punya rencana cadangan. Peserta CPNS juga harus menyiapkan mental untuk tidak lolos dalam artian bukan mengajarkan untuk pesimis namun lebih ke menyiapkan mental jika gagal. Sehingga tidak merasa terlalu terpuruk. Ada baiknya mempunyai rencana cadangan jika tidak lolos tes.


Berikut ini Kumpulan Contoh Latihan Soal Tes Seleksi CPNS 2021/2022 dan Pembahasannya. Kumpulan soal ini diharapkan bisa menambah wawasan atau referensi pengetahuan tentang materi tes CPNS yang terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes lntelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Download Contoh Latihan Soal  CPNS 2021/2022 versi CAT (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TIU CPNS 2021/2022 (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TKP 2021/2022 (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TWK 2021/2022 (disini)


UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 1 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 2 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 3 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 4 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 5 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 6 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 7 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 8 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 9 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 10 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 11 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 12 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 13 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 14 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 15 ---DISINI---

Catatan: TIU artinya Tes Intelegsi Umum, TKP adalah Tes Karekateristik Kepribadian dan TWK adalah Tes Wawasan Kebangsaaan.

Pembahasan Soal Tes CPNS 2021/2022

Sekali lagi diingatkan bahwa Latihan Soal-soal Tes CPNS 2021/2022 ini hanya bertujuan memperkaya pengetahuan dan pengalaman. Pada kenyataan  Soal latihan ini mungkin tidak akan sama, bahkan bisa jadi sama sekali tidak sama dengan soal yang sesungguhnya. Mengapa demikian ? Sebagaimana diketahui, soal-soal tes CPNS menggunakaan soal-soal baru yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain soal – soal baru, pelaksanaan CPNS  semua menggunakan model CAT BKN. Sehingga tidak dimungkinkan peserta dapat mengambil atau mendokumentasikan soal. Terkecuali jika ada pembuat soal yang membocorkan. Ini dipastikan tidak mungkin terjadi. Jika terjadi itu bukan soal latihan lagi namanya, tapi bocoran soal.
                                                  
Nb. Bagi Anda yang ingin memperkaya tentang Wawasan Kebangsaan tentang Pilar-pilar kebangsaan bisa download gratis buku Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi (disini) dan Buku Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi (disini)

Demikian info Latihan Soal Tes CPNS 2021/2022 dan Soal Latihan Tes CPNS 2021/2022, semoga bermanfaat. Selamat berlatih dan mempersiapkan diri secara optimal. Selamat berjuang, semoga sukses….







= Baca Juga =



Related Posts

66 comments:

  1. Terima kasih latihan Soal Tes CPNS 2018 ini bisa digunakan untuk menambah pengetahuan sakligus untuk mengisi waktu luang tertutama di saat liburan ini.

    ReplyDelete
  2. terima kasih kumpulan Soal Tes CPNS 2018 ini telah membantu saya dalam mempersiapakan diri menghadapi seleksi CPNS 2018. Mohon do'anya semoga pelaksanaan tes CPNS 2018 betul-betul dapat terlaksana sehingga kami dapat memperoleh kesempatan untuk bersaing. tak lupa minta do'anya juga agar saya berhasil. Sekali lagi terima kasih, terus terang info ini sangat bermanfaat bagi saya.

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas kumpulan soal tes cpns 2018, ini sangat membantu saya dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi cpns 2018

    ReplyDelete
  4. terimakasih untuk semua kumpulan soal tes cpns 2018. ini sangant membantu saya dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi cpns 2018

    ReplyDelete
  5. terima kasih banyak... sharingnya sangat membantu..

    ReplyDelete
  6. Terima kasih bapak semoga seleksi cpns 2018 benar2 dibuka dan saya lolos, aamiiin.

    ReplyDelete
  7. terima kasih, file ini sangat membantu saya dalam belajar untuk mempersiapkan diri :)

    ReplyDelete
  8. terimakasih sharingnnya sangat membantu, semoga menjadi amal zariyah. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Mohon doanya agar saya bisa lolos cpns ..terimakasih

    ReplyDelete
  10. Bagaimana cara buka aplikasi latihan SKD-TKD CAT. Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Terima kasih, semoga menjadi berkah & bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  12. Terima kasih,semoga brrmanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  13. Terimakasih sharinnya👍minta doanya mudahn tes cpns tahun ini bisa masuk..terimakasih

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. Baca posting mas, passwordnya disertakan diposting tersebut

      Delete
    2. Mohon bantuannya pak, kenapa tidak dapat di download aplikasi catnya. Yang sudah download apikasinya mohon di kirimkan juga via [email protected] Terimah kasih sebelumnya.

      Delete
    3. tetap tidak ketemu passwordnya...tolong ditulis disini mas admin.

      Delete
  15. terimakasih mas admin. pahalanya terus tetap mengalir selama soal-soal tersebut jadi bermanfaat bagi orang lain.amiiin. dimana memberikan atau sharing soal-soal cpns terbaru selain itu saya juga mengundang mas admin untuk mengunjungi blog harrya alfha untuk mempererat silaturrahim antar sesama blogger, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan umur panjang oleh Allah SWT. amiiin

    ReplyDelete
  16. maaf, saya tidak bisa download aplikasi cat. gimana cara downloadnya ya pak ? terimakasih

    ReplyDelete
  17. Terimakasih,, latihan test ini sangat membantu, Smoga Allah membalas kebaikan admin

    ReplyDelete
  18. Sudah tidak dapat di download aplikasi catnya, gimana caranya pak??
    Klu yg sudah donwload tolong di bagi donk..

    ReplyDelete
  19. makasih admin... smnoga yg download bisa lulus CPNS 2018. Aamiin

    ReplyDelete
  20. trima kasih.ini sangat membaantu menambah wawasan. Semoga Allah membalas kebaikan admin dan memberkati keluarga dan kerja admin.

    ReplyDelete
  21. Terimakasih banyak admin ,, soal2 ini sangat membantu para cpns
    semoga kebaikan mu dibales allah

    ReplyDelete
  22. terimakasih sangat membantu..semoga Allah SWT membalas membalas kebaikan admin.aamiin

    ReplyDelete
  23. Terimakasih banyak. Semoga Allah membalas kebaikan adm...semoga saya lulus pns tahun ini

    ReplyDelete
  24. Terima kasih Pak telah berbagi Soal CPNS 2018 ini bisa menambah wawasan saya, sehingga saya bisa lulus tes CPNS tahun ini. Amin...

    ReplyDelete
  25. Terimkasih banyak,sangat membantu. Semoga sukses selalu :)

    ReplyDelete
  26. Terimakasih banyak atas kumpulan latian soalnya. Semoga sukses selalu.

    ReplyDelete
  27. Trma ksih,,, semoga suksses. aamiin

    ReplyDelete
  28. terima kasih banyak untuk soal2 latihan yg telah di berikan secara gratis. semoga Allah membalas semua kebaikannya. sukses selalu :)

    ReplyDelete
  29. terima kasih banyak untuk soal latihannya min :)

    ReplyDelete
  30. terima kasih banyak untuk soal latihannya min :)
    sangat membantu
    ohiya saya penasaran sama lagu lagu nya min

    ReplyDelete
  31. terima kasih mind, soal-soal latihannya sangat membantu. semoga selalu diberikan kesehatan lahir dan bathin ... Aamiin

    ReplyDelete
  32. Terima Kasih atas keikhlasannya dalam berbagi, Semoga Allah membalas dengan kebaikan yang setimpal. Amiiin

    ReplyDelete
  33. terimakasih, semoga tambah sukses..

    ReplyDelete
  34. Penting banget ini buat calon pegawai negeri sipil. Terima kasih

    ReplyDelete
  35. terima kasih banyak untuk latihan soalnya, Admin. semoga segala kebaikan admin dibalas oleh Allah

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah. sangat membantu dalam persiapan Tes CPNS 2018. Semoga menjadi amal jariyah buat admin dan bermanfaat bagi semuanya. semoga teman-teman lulus CPNS tahun ini. Amin Ya Rabbal 'alamin.

    ReplyDelete
  37. Terima kasih telah berbagi... emang bener Budak Bageur :)

    ReplyDelete
  38. terimakasih sharingnta semoga tahun ini bisa lolos cpns. aamiin

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah, terima kasih banyak untuk materi latihan soalnya. Semoga segala kebaikannya di balas oleh ALLAH SWT dan semoga kita yang belajar dengan materi yg diberikan oleh anda bisa lolos CPNS 2018. Aamiin

    ReplyDelete
  40. makasih kak udah dibantu dgn latihan soal nya, mohon doanya semoga berhasil :)
    btw, list backsound nya dong kak hehe

    ReplyDelete
  41. Membantu link mirroring semoga membantu...

    coba kesini https://kisikisicpns.weebly.com

    ReplyDelete
  42. apakah ada kisi2 tes SKB kementerian pendidikan dan kebudayaan. tepatnya pada formasi pengkaji bahasa dan sastra.??mohon bantuannya

    ReplyDelete
  43. terima kasih ...semuanya..izin copas...semoga bermanfaat bagi kita semua..aamiin

    ReplyDelete
  44. terima kasih ..izin copas semoga bermanfaat bagi kita semua...aamiin

    ReplyDelete
  45. Terima kasih sangat bermanfaat buat kita yg mau tes cpns ini sebagai bekal pembelajarin buat kita.

    ReplyDelete
  46. Terima kasih buat latihan soalnnya...sangat membantu dan bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  47. terimaksih informasi dan ilmu yang bermnfaat ini 
    salam hormat dari saya
    WARKOP SETIA

    ReplyDelete
  48. Terima kasih telah berbagi Latihan Soal Tes CPNS walapun tentu tidak akan sama dengan soal yang sebenarnya akan dihadapi saat ujian, tentu ini akan menambah wawasan dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  49. Terimakasih atas segalanya. Semoga Allah memudahkan segala urusan admin yang telah berbagi info serta Latihan Soal Tes CPNS ini.. AAMIINNNNN :)

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah. latihan soal cpns bisa di http://www.soalcpnspdf.com

    ReplyDelete
  51. Terima kasih telah berbagi Kumpulan Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2020 dan Pembahasannya . Semoga menjadi amal kebikan. jazakumullah khairan katsiran wa jazakumullah ahsanal jaza

    ReplyDelete
  52. Bang lengkap nih kumpulan Bank Soal Tes CPNS Tahun 2020 dan Pembahasannya. Jangan lupa berkunjung juga ke laman blog aku ya https://bit.ly/2ts8vwB

    ReplyDelete
  53. Terima kasih bang telah berbagi Latihan Soal Tes CPNS 2020 . Ini betul-betul mejadi pengayaan bagi saya dan juga persiapan dalam menghadapi tes CPNS yang akan dilaksanakan Perbruari yang akan datang.

    ReplyDelete
  54. Terima kasih bang telah berbagi Latihan Soal Tes CPNS 2020 . Ini betul-betul mejadi pengayaan bagi saya dan juga persiapan dalam menghadapi tes CPNS yang akan dilaksanakan Perbruari yang akan datang.

    ReplyDelete
  55. untuk download versi CATnya minta password, passwordnya apa ya?

    ReplyDelete
  56. Permenpan RB No 24 Tahun 2019 sekarang lebih longgar jadi perbanyak latihan soal

    ReplyDelete
  57. Apotik Rini
    Jual sensi masker hijab dan non hijab earloop
    MINIMAL ORDER 10 BOX

    Daftar Harga :
    1 Karton Isi 40Box
    Harga : Rp 1.200.000

    1 Box Isi 50pcs
    Harga : 55000

    Minimal pengambilan 10 boks & maksimal pengambilan 1 format 3 dus.

    Ready Dettol Hand sanitizer 50mL
    1Pcs IDR.15K
    1Karton Isi 24Pcs IDR.350K

    Ready Dettol Hand sanitizer 100mL
    1Pcs IDR.25K
    1Karton Isi 24Pcs IDR.530K

    Ready Dettol Hand sanitizer 245mL
    1Pcs IDR. 45K
    1karton Isi 24Pcs IDR.870K

    Ready Dettol Hand sanitizer 500mL
    1Pcs IDR. 67K
    1karton Isi 24Pcs IDR.1,4K

    Ready Dettol Hand sanitizer 750mL
    1Pcs IDR. 85K
    1karton Isi 24Pcs IDR.1,7K.

    Info WA admin apotik : 085321740123

    Alamat pengambilan:
    Jl. Balai Pustaka Timur No.12 , RT.4/RW.11, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220.

    ReplyDelete
  58. selamat pagi apakah kontak pada blog ini masih aktif, sya ingin menawarkan pemasangan iklan pada blog ini. terimkasih

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog