PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

22 November 2019

LATIHAN SOAL TES MASUK MAN INSAN CENDEKIA (MAN IC)

| 22 November 2019
 Soal Tes Masuk MAN Insan Cendekia (MAN IC) Tahun 2020, 2021, 2022, 2023, 2024

Latihan Soal Tes Masuk MAN Insan Cendekia (MAN IC). Menjadi siswa sekarang ini cukup sulit, karena MAN Insan Cendekia (MAN IC) saat ini sudah menjadi sekolah/madrasah favorit. Jika kamu ingin diterima menjadi calon peserta didik baru / siswa baru MAN IC ini, kamu harus rajin belajar, banyak berlatih dan tak lupa untuk selalu berdo’a.

Biasanya Soal Tes Masuk MAN Insan Cendekia (MAN IC) terdiri dari Soal Tes Potensi Belajar atau Tes Potensi Akademik, Soal Tes Matematika dan Soal Tes Bahasa Inggris, Soal Tes Peminatan, bagi yang peminatan IPA, akan Soal Fisika dan Biologi. Soal Tes berikutnya adalah Tes Agama dan Bahasa Arab. Soal Agama meliputi Hadist, SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), Aqidah, dan Fiqih.

Berikut tips agar Kamu bisa lulus dalam menghadapi soal- soal Tes Masuk MAN Insan Cendekia (MAN IC). Pertama, Berdoa Sebelum Mengerjakan Soal-soal Ujian. Sebelum mengerjakan soal-soal Ujian atau Soal Tes Masuk MAN IC, berdoalah kepada Allah SWT untuk memohon diberikan ketenangan, kelancaran berpikir, mampu mengingat materi yang telah dihafal, dan memilih jawaban yang benar. Usahakan jangan grogi pada saat pengawat dan kepada siapapun. Kedua, Datang Tepat Waktu Sebelum dimulai Ujian. Lima belas menit sebelum ujian dimulai biasanya bel pertama sudah berbunyi sebagai tanda seluruh peserta ujian memasuki ruang ujian. Usahakan kamu datang sebelum bel tersebut berbunyi. Kamu bisa datang lebih awal agar pikiran tidak tegang. Usahakan bangun shubuh pada waktu ujian, setelah shalat lupa sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat menuju ke tempat ujian. Ketiga, saat ujian jawablah mulai dari yang termudah dan gunakan waktu secara efisien. Waktu ujian yang disediakan. Gunakan waktu ini dengan efisien. Caranya dengan mengerjakan soal-soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu. Jika ada soal yang menurutmu sulit dan belum bisa kamu kerjakan, segera beralih ke nomor lainnya. Jangan terpaku pada satu soal itu saja. Bisa jadi soal berikutnya lebih mudah dari soal tersebut. Setelah kamu menyelesaikan soal terakhir, kembali lagi kerjakan soal yang tadi kamu lewati. Jika semua soal telah selesai kamu kerjakan, teliti kembali dari nomor 1 hingga terakhir. Jangan sampai ada nomor yang terlewat.


Karena kamu akan menghadapi Soal Tes Seleksi Masuk MAN Insan Cendekia (IC) dalam bentuk CBT (Computer Based Test), ada beberapa tips yang juga perlu kamu perhatikan. Pertama, jangan lupa  membawa kartu ujian. Dalam setiap ujian apapun pastinya setiap peserta memiliki yang namanya kartu ujian. Dalam ujian CBT ussername, password itu adalah unik. Tiap peserta akan berbeda satu dengan yang lainnya. Biasanya informasi pribadi itu tertulis dalam kartu peserta. Sebenarnya ketika kamu tidak sengaja meninggalkan kartu peserta, operator atau pengawas akan memberi tahu. Hanya saja sayang, ada beberapa waktu akan menjadi tidak efektif untuk hal seperti ini. Kedua, Tanya operator atau pengawas kalau ada masalah. Ketika ada yang tidak mengerti selama tes berlangsung, tidak usah sungkan untuk bertanya pada operator atau pengawas. Hal ini lebih baik daripada kamu bertanya kepada temanmu. Ketiga, yang tak kalah pentingnya adalah  tidak usah lihat kanan, kiri, depan, dan belakang (percaya diri saja). Dengan sistem CBT, kamu tidak usah menanyakan jawaban kepada teman di sebelahmu seperti ujian tertulis yang biasa kamu lakukan. Mengapa? Karena, dengan ujian CBT soal akan diacak, nomor 1 kamu belum tentu sama dengan nomor 1 temanmu. Jadi tetaplah fokus dengan pekerjaan kamu.

Sebagai bahan latihan atau menguji kemampuan diri berikut ini beberapa contoh Latihan Soal Tes Masuk MAN Insan Cendekia (MAN IC).


Latihan Soal Tes Seleksi Masuk MAN Insan Cendekia (IC) hanyalah bahan latihan bagi adik-adik yang akan mengikuti seleksi Masuk di MAN IC Serpong Tangsel; MAN IC Gorontalo; MAN IC Jambi; MAN IC Aceh Timur; MAN IC Ogan Komering Ilir; MAN IC Siak; MAN IC Paser; MAN IC Kota Pekalongan; MAN IC Bangka Tengah; MAN IC Padang Pariaman; MAN IC Bengkulu Tengah; MAN IC Kota Batam; MAN IC Tanah Laut; MAN IC Sambas; MAN IC Kota Kendari; MAN IC Kota Palu; MAN IC Sorong; MAN IC Tapanuli Selatan; MAN IC Lombok Timur; MAN IC Halmahera Barat; MAN IC Gowa; MAN IC Pasuruan; MAN IC Kota Palangkaraya; maupaun di MAN IC Lampung Timur.

Demikian sekedar info Latihan Soal Tes Masuk MAN Insan Cendekia (MAN IC). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



Related Posts

1 comment:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog