PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

31 December 2020

JUKNIS SNPDB MAN INSAN CENDEKIA 2021/2022 (JUKNIS SNPDB-MANIC TAHUN PELAJARAN 2021/2022)

| 31 December 2020
a.  Update Juknis Seleksi PPDB MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2021/2022

Juknis Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2021/2022


Juknis Seleksi PPDB MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2021/2022. Bagi Siswa Siswi SMP MTs yang akan mendaftar di SMA/MA Unggulan jangan lupa untuk mencoba mendaptar di MAN INSAN CENDEKIA. Seperti di umumkan dalam laman LTMPT, MAN Insan Cendekia Serpong merupakan salah satu sekolah jenjang SMA MA terbaik Kedua Se-Indonesia, begitupula dengan MAN Insan Cendekia Gorontalo yang juga masuk dalam urutan ke-36 sekolah jenjang SMA MA terbaik se-Indonesia. Tanpa perlu memikirkan zonasi, ayo mencoba untuk mengikuti Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2021/2022.


Kementrian Agama telah menerbitkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7291 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Khusus Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2021/2022, yang antara lain di dialamnya berisi Juknis Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia, dan MAN Program Keagamaan serta Mandrasah Alliyah Kejuruan Tahun 2021/2022.

 

Pada kesempatan ini admin akan mencoba merangkum Juknis Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia tahun pelajaran 2021/2022 untuk lebih lengkapnya serta bagi yang ingin tahu Juknis Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Peserta Didik Baru MAN Program Keagamaan serta Mandrasah Alliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2021/2022 silahkan didownload melalui link yang tersedia.


Berdasarkan Juknis Seleksi PPDB MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2021/2022, Jalur Seleksi SNPDB MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2021/2022 terdiri dari: a) Jalur Tes yaitu seleksi melalui tes berbasis CBT yang diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, b) Jalur Prestasi, yaitu seleksi melalui non-tes paling banyak 10% yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi peraih medali/Juara 1, 2, dan 3 di bidang sains pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional, OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) tingkat Nasional, MYRES tingkat nasional, Lomba Penelitian/Karya Ilmiah yang diselenggarakan resmi oleh Pemerintah (Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LIPI, dan Kementerian Ristek Dikti) serta penghargaan dan luar negeri yang merupakan lanjutan dan KSN seperti IMO, IBO, IPhO, IChO, 101, IGeO, IESO, lAO, IOAA, lEO, IEYI, dan ASPC baik mendapatkan emas, perak, perunggu.

 

Berikut ini Persyaratan Pendaftaran Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia tahun pelajaran 2021/2022

1. Tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2020/2021

2. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2021

3. Mendapatkan rekomendasi sebagai siswa terbaik dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/sekolah yang ditetapkan

4. Mendapatkan Surat Keterangan/ Rekomendasi dan Kepala Madrasah/ Sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat Nasional (KSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dan KSN seperti IMO, IBO, IPhO, IChO, TOT, IGeO, TESO, TAO, TOAA, lEO, TEYI, dan ASPC balk mendapatkan emas, perak, perunggu.

5. Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi MTs) atau DAPODIK (bagi SMP)

6. Mengunggah (upload) berkas persyaratan:

a. pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm (Max 300KB)

b. fotokopi rapor yang telah dilegalisasi (semester_3,_4 dan_5)

c. fotokopi Akte Kelahiran/Kenal Lahir

d. fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) (bagi pendaftar yang mengajukan beasiswa_pendidikan)

 

Dalam Juknis Seleksi PPDB MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2021/2022, dinyatakan bahwa Jadwal Pendaftaran Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia tahun pelajaran 2021/2022.


Juknis Persyaratan Dan Jadwal Pendaftaran Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia 2021/2022 (MAN INSAN CENDEKIA dan MAN Insan Cendekia Gorontalo)

Bagi siswa siswi SMP MTS yang tertarik untuk mendaftar sebagai siswa baru di Baru MAN Insan Cendekia dan MAN Program Keagamaan serta Mandrasah Alliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2021/2022 silahkan di download Juknis di bawah ini kemudian dibaca dan didiskusikan dengan guru di sekolah masing-masing.

 

Link download Juknis Seleksi PPDB MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2021/2022 (disini)


Demikian informasi tentang Juknis Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia dan MAN Program Keagamaan serta Mandrasah Alliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih


b. Info Sebelumnya tentang Juknis Seleksi PPDB MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2020/2021


 
Juknis Seleksi PPDB MAN Insan Cendikia tahun pelajaran 2020/2021

Juknis Seleksi Nasional Peserta didik Baru (PDB) MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2020/2021 atau dikenal pula dengan istilah Juknis SNPDB-MANIC tahun pelajaran 2020/2021. Kementerian Agama melalui Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7264 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis atau Juknis Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Dan Madrasah Aliyah Negeri Kejuruan Tahun Pelajaran 2020/2021. Juknis ini diterbitkan sebagaian Panduan dalam pelaksanaan seleksi nasional Peserta Didik Baru atau siswa baru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri tahun 2020.

Diktum pertama Keputusan Dirjen Pendis Nomor 7264 Tahun 2019 menyatakan Menetapkan Petunjuk Teknis (Juknis) khusus Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aiiyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dan Keputusan ini. Sedangkan Diktum kedua, menyatakan bahwa Juknis Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (PDB) MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2020/2021 merupakan panduan teknis bagi para pemangku kepentingan terkait pelaksanaan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2020/2021.

Berdasarkan Juknis Seleksi PPDB MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2020/2021 atau dikenal pula dengan istilah Juknis SNPDB-MANIC tahun pelajaran 2020/2021, Jalur Seleksi SNPDB-MANIC Tahun Pelajaran 2020/2021 terdiri dari: Jalur Tes dan Jalur Prestasi.
a) Jalur Tes yaitu seleksi melalui tes berbasis CBT yang diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
b) Jalur Prestasi, yaitu seleksi melalui non-tes paling banyak 10% yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi peraih medali emas/juara 1 di bidang sains pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional, OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) tingkat Nasional, MYRES tingkat nasional, Lomba Penelitian/ Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Pemerintah (Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LIPI, dan Kementerian Ristek Dikti) serta penghargaan dan luar negeri yang merupakan lanjutan dan OSN seperti IMO, IBO, IPhO, IChO, 101, IGeO, IESO, lAO, IOAA, lEO, IEYI, dan ASPC baik mendapatkan emas, perak, perunggu.

Apa persyataran pendaftaran Calon peserta didik atau siswa baru MAN Insan Cendekia? Menurut Juknis SNPDB MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2020/2021 atau dikenal pula dengan istilah Juknis SNPDB-MANIC tahun pelajaran 2020/2021, persyataran pendaftaran Calon peserta didik atau siswa baru MAN Insan Cendikia jalur prestasi adalah sebagai berikut:
1. Persyaratan Sekolah atau Madrasah adalah sbb:
            Mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
            Telah terdaftar di EMIS (bagi madrasah) dan DAPODIK (bagi sekolah) secara lengkap dan benar
            Mempunyai Sertifikat Akreditasi dari BAN-S/M
2. Persyaratan Calon Peserta didik atau Calon siswa Baru
            Tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2019/2020
            Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2020
            Mendapatkan Surat Keterangan/ Rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat Nasional (OSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari OSN seperti IMO, IBO, IPhO, IChO, IOI, IGeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI, dan ASPC baik mendapatkan emas, perak, perunggu.
            Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi MTs) atau DAPODIK (bagi SMP)
            Mengunggah (upload) berkas persyaratan:
1.    pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm (Max 300KB)
2.    fotokopi rapor yang telah dilegalisasi (semester 3, 4 dan 5)
3.    fotokopi Akte Kelahiran/Kenal Lahir
4.    fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) (bagi pendaftar yang mengajukan beasiswa pendidikan)

Sedangkan persyataran pendaftaran Calon peserta didik atau siswa baru MAN Insan Cendikia jalur Tes Tertulis adalah sebagai berikut
1. Persyaratan Sekolah atau Madrasah adalah sbb:
            Mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
            Telah terdaftar di EMIS (bagi madrasah) dan DAPODIK (bagi sekolah) secara lengkap dan benar
            Mempunyai Sertifikat Akreditasi dari BAN-S/M
2. Persyaratan Calon Peserta didik atau Calon siswa Baru
            Tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2019/2020
            Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2020
            Mendapatkan rekomendasi sebagai siswa terbaik dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/sekolah yang ditetapkan.
            Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi MTs) atau DAPODIK (bagi SMP)
            Mengunggah (upload) berkas persyaratan:
1.    pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm (Max 300KB)
2.    fotokopi rapor yang telah dilegalisasi (semester 3, 4 dan 5)
3.    fotokopi Akte Kelahiran/Kenal Lahir
4.    fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) (bagi pendaftar yang mengajukan beasiswa pendidikan)
Jadi beda dikit persyaratan antara jalur prestasi dengan jalur tes. Perbedaan hanya terletak pada poin yang saya cetak miring di atas.

Untuk lebih lengkapnya serta untuk mengetahui MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2020/2021 dan Jadwal Pendaftaran  silahkan download Juknis Seleksi PPDB MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2020/2021 atau dikenal pula dengan istilah Juknis SNPDB-MANIC tahun pelajaran 2020/2021, melalui link di bawah ini.

Link download Juknis Seleksi PPDB MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2020/2021 (DISINI)

Demikian iinformasi tentang Juknis SNPDB MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan dan Kejuruan tahun pelajaran 2020/2021 atau dikenal pula dengan istilah Juknis SNPDB-MANIC tahun pelajaran 2020/2021. Semoga ada manfaatnya.




= Baca Juga =



Related Posts

1 comment:

  1. Klo juknis pelaksanaan cbt di man ic serpong sy bs akses di link mana ya??

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog