PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

24 January 2020

PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS) FLS2N SD TAHUN 2020

| 24 January 2020
Juknis atau Petunjuk Teknis FLS2N SD Tahun 2020

Petunjuk Teknis (Juknis) FLS2N SD Tahun 2020 merupakan acuan bagi panitia penyelenggara baik di tingkat kecamatan, kabupaten/kota maupun provinsi serta pihak-pihak terkait sehingga pelaksanaan Festival dan Lomba Seni dapat berjalan sesuai yang diharapkan.Sebagaimana diketahui Kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N-SD) bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Di sisi lain kegiatan FLS2N-SD diharapkan dapat meningkatkan kreativitas, dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Melalui kegiatan FLS2N-SD ini pula diharapkan dapat tetap terpeliharanya semangat dan komitmen para praktisi pendidikan di daerah, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang seni dan budaya.


Lebih dari itu kegiatan FLS2N SD Tahun 2020 diharapkan dapat menjadi salah satu pola pembinaan pendidikan di bidang seni dan sastra di Indonesia. Di samping itu, akan menjadi ajang pembentukan karakter peserta didik agar mempunyai daya cipta, kelembutan hati serta kecintaan seni dan budaya bangsa.

Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2020, Tujuan diselenggarakannya Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional SD adalah :
1. Memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan;
2. Mengembangkan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa;
3. Meningkatkan kreativitas dan motivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya;
4. Menanamkan dan membina apresisasi seni dan sastra, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa;
5. Menumbuhkembangkan sikap sportivitas dan kompetitif peserta didik sejak dini, yang merupakan bagian dari pendidikan karakter, serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi.

 Petunjuk Teknis (Juknis) FLS2N SD Tahun 2020

Dalam Petunjuk Teknis (Juknis) FLS2N SD Tahun 2020, disampaikan bahwa Tema Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar Tahun 2020 adalah: “Kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa menguatkan karakter, menggugah daya cipta, serta membentuk kelembutan hati”. Sedangkan Ruang Lingkup Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional SD tahun 2020 terdiri atas 4 (empat) jenis bidang lomba, yaitu: 1) Lomba Menyanyi Tunggal; 2) Lomba Seni Tari; 3) Lomba Pantomim; 4) Lomba Gambar Bercerita, dan 5) Kriya Anyaman.

Untuk pelaksanaan tingkat nasional, berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) FLS2N SD Tahun 2020, jumlah tim setiap provinsi adalah 14 (Empat Belas) orang dengan rincian sebagai berikut:





Untuk informasi lebih lengkap terkait persyaratan, kriteria dan lainnya silahkan download  Petunjuk Teknis (Juknis) Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2020, melaui link yang tersedia di bawah ini.





Baca Juga !

Petunjuk Pelaksanaan Juklak Juknis KSN SD Tahun 2020 (OSN SD Tahun 2020) --- disini


Petunjuk Pelaksanaan Juklak Juknis KOSN (O2SN) SD Tahun 2020 --- disini

Semoga informasi tentang Petunjuk Teknis (Juknis) FLS2N SD Tahun 2020 ini bermanfaat bagi yang membutuhkan. Terima kasih atas kunjungan Anda.



= Baca Juga =





Related Posts

4 comments:

  1. kok sama persis 2017 wkwk, jngn sampai salah loh yah.. blog anda termasuk blog yg saya kagumi

    ReplyDelete
  2. Iya betul sama persis dengan tahun 2017. Kayaknya mah ini juknis khusus kecamatan Bumi Raya, lambelu itu sulawesi.. masa tingkat nasional bulan februari...

    ReplyDelete
  3. Kok dihalaman 12 FLS2N tahun 2018 ya?

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog