PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

15 May 2021

INI NILAI TAMBAH YANG DAPAT MEMBANTU GURU HONORER LULUS SELEKSI PPPK GURU TAHUN 2021

| 15 May 2021
Nilai Tambah Yang Dapat Membantu Guru Honorer Lulus Seleksi PPPK Guru Tahun 2021


Nilai Tambah Yang Dapat Membantu Guru Honorer Lulus Seleksi PPPK Guru Tahun 2021. Rencana Pengumuman Resmi Seleksi PPPK Guru akan disampaikan pada 30 Mei 2021, Adapun Jadwal Pendaftaran PPPK Guru direncakan mulai 31 Mei sampai dengan 21 Juni 2021. Namun Jadwal tersebut dapat disesuaikan apabila terdapat perubahan kebijakan pemerintah terkait status Pandemi Covid-19, sehingga tidak memungkinkan melaksanakan kegiatan dimaksud.

 

Perlu diketahui oleh Bapak/Ibu calon guru PPPK bahwa dalam seleksi PPPK guru tahun 2021 ada istilah Afirmasi. Adapun yang dimaksud afirmasi disini adalah Nilai Tambah Yang Dapat Membantu Guru Honorer Lulus Seleksi PPPK Guru Tahun 2021. Lalu apa saja Nilai Tambah Yang Dapat Membantu Guru Honorer Lulus Seleksi PPPK Guru Tahun 2021? Pada seleksiPPPK Guru 2021, akan diberikan tambahan nilai/afirmasi pada penilaian Kompetensi Teknis dengan kriteria tertentu. Adapun jenis-jenis tambahan nilai/afirmasi sebagai berikut:

1) Sertifikat Pendidik memiliki nilai tambah 100% dari nilai maks. Kompetensi Teknis. Tetapi ini hanya berlaku untuk semua peserta yang memiliki sertifikat pendidik yang linier dengan formasi yang dilamar

2) Usia memiliki nilai tambah 15% dari nilai maks. Kompetensi Teknis. Tetapi ini hanya berlaku untuk peserta di atas 35 tahun dan berstatus aktif sebagai Guru selama 3 tahun terakhir (berdasarkan data Dapodik).

3) Disabilitas memiliki nilai tambah 10% dari nilai maks. Kompetensi Teknis. Adapun kriteria guru Disabilitas yang bisa melamar akan disiapkan oleh Kemendikbud.  Verifikasi akan dilakukan oleh Kemendikbud dengan metode verifikasi video.

4) Guru Honorer THK-II memiliki nilai tambah 10% dari nilai maks. Kompetensi Teknis. Peserta kategori Guru Honorer THK-II harus terdaftar di database THK-II BKN dan berstatus aktif sebagai guru selama 3 tahun terakhir (berdasarkan Data Dapodik).

 

Adapun Peserta yang berhak untuk mendaftar pada seleksi PPPK Guru Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

1. Honorer THK-II sesuai databaseTHK-II di BKN;

2. Guru Honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud;

3. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud;

4. Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di  Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud.

 

Berikut ini Alur Tahapan Seleksi PPPK Guru Tahun 2021. Pada tes pertama hanya guru honorer THK-II dan Guru Honorer Di Sekolah Negeri yang diperbolehkan mendaptar, dengan ketentuan:  1) Tidak dapat melamar ke instansi lain, 2) Jika formasi tersedia dan serdik atau kualifikasi ybs sesuai, harus melamar di formasi tsb. 3) Jika formasi tidak tersedia dan/atau serdik/kualifikasi ybs tidak sesuai, dapat melamar di formasi lain di instansi tersebut. Berikut ini gambar lengkap Alur Tahapan Seleksi PPPK Guru tahun 2021.


Alur Tahapan Seleksi PPPK Guru Tahun 2021


 

Hal yang perlu dipersiapkan oleh Bapak/Ibu calon guru PPPK adalah terkait materi tes. Materi tes Kompetensi Teknis berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis Jabatan. Kompetensi Manajerial berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan Integritas, Kerjasama, Orientasi pada hasil,  Komunikasi, Pelayanan public, Pengembangan diri dan orang lain, Pengambilan keputusan dan Mengelola perubahan.

 

Materi Kompetensi Sosio Kultural, berupa Pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama,  suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang terkait dengan: Kepekaan terhadap perbedaaan budaya, Kemampuan berhubungan social,  kepekaan terhadap konflik, Pengendalian diri, dan empati. (Materi terkait Kompetensi Manajerial dan Materi Kompetensi Sosio Kultural ini ada dalam Permenpan RBNomor 38 Tahun 2017)

 

Demikian informasi tentang Nilai Tambah Yang Dapat Membantu Guru Honorer Lulus Seleksi PPPK Guru Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya. Selamat berjuang semoga sukses.




= Baca Juga =



Related Posts

1 comment:

  1. Tenaga honorer K2 yang sudah memiliki Sertifikat Pendidik memiliki peluang yang sangat besar untuk diangkat jadi Guru PPPK. Tetapi jangan lengah kawan, pegawai KPK saja yang hanya mengikuti uji Tes Wawasan Kebangsaan untuk menjadi CPNS ternyata masih banyak yang gagal.

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog