PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

4 June 2021

DOWNLOAD BUKU CETAK BIRU EKOSISTEM PENGETAHUAN DAN INOVASI

| 4 June 2021
Download Buku Cetak Biru Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi


Download Buku Cetak Biru Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi. Dalam usaha untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur, Indonesia akan menghadapi tantangan-tantangan pembangunan yang semakin besar. Meskipun cukup banyak kesuksesan yang telah diraih, masih banyak pula pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan. Di bidang pengentasan kemiskinan, Indonesia telah berhasil menekan angka kemiskinan absolut. Namun, di sisi lain, lebih dari setengah penduduk Indonesia masih termasuk golongan miskin moderat dan rentan. Sementara itu, pertumbuhan perekonomian Indonesia semenjak krisis keuangan Asia 1997/98 berjalan lebih lambat dari sebelumnya dan, berdasarkan penelitian beberapa ekonom, lebih rendah dari yang seharusnya. Daya tahan Indonesia dalam menghadapi kejutan ekonomi, sosial, dan alam, kembali dipertanyakan di masa pandemi global COVID-19. Ini semua tentunya akan menyulitkan cita-cita Indonesia untuk menjadi negara maju pada tahun 2045.

 

Untuk menjawab berbagai tantangan di atas, Indonesia perlu merencanakan strategi pembangunan yang mutakhir. Dalam hal tersebut, Indonesia perlu bersandar pada pengetahuan dan inovasi agar mampu mengelola pembangunan ekonomi dan sosial yang merata, berkelanjutan, dan produktif. Hanya dengan pemanfaatan pengetahuan dan inovasi secara maksimal, visi pergeseran ekonomi ekstraktif menjadi ekonomi inklusif berbasis pengetahuan dapat tercapai. Karena itu, sebagai langkah menuju ekonomi berbasis pengetahuan, ekosistem  pengetahuan dan inovasi itu sendiri perlu dikenali dan diperjelas perannya. Inilah imperatif dari disusunnya cetak biru ekosistem pengetahuan Indonesia yang dijabarkan dalam dokumen ini.

 

Buku Cetak Biru Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi ini mengusung dua prinsip utama. Pertama, pentingnya memastikan bahwa pertumbuhan berbasis inovasi bersifat inklusif. Dalam hal tersebut, cetak biru ini juga mempertimbangkan keterkaitan distribusi pendapatan atau ketimpangan yang berbarengan dengan perubahan teknologi. Prinsip kedua yang diusung adalah pentingnya kebijakan publik berbasis bukti. Cetak biru ini juga menyadari bahwa hubungan antara pengetahuan dan kebijakan publik yang baik merupakan hubungan dua arah. Ekosistem pengetahuan yang kuat akan menghasilkan bukti yang diperlukan untuk menyusun kebijakan publik yang baik; sebaliknya, kebijakan publik yang baik akan memperkuat ekosistem pengetahuan.

 

Selain kedua prinsip tersebut, cetak biru ini juga menekankan pentingnya pendekatan lintas komponen, terutama untuk mengatasi ketimpangan regional dan sosial. Isu ketimpangan ini juga menjadi isu penting ketika kita menyadari bahwa masyarakat umumlah yang akan menyia-nyiakan sumber dayanya sekiranya ada sebagian dari populasi yang tereksklusi dari kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan berinovasi.

 

Buku Cetak Biru Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi ini kemudian disusun untuk menjawab tantangantantangan utama yang dihadapi Indonesia dalam beberapa dekade mendatang. Untuk itu, ada delapan tantangan pembangunan utama yang diidentifikasi: (1) rendahnya mobilitas sosial; (2) pesatnya laju urbanisasi; (3) terhentinya industrialisasi dan tertiarisasi; (4) perubahan iklim; (5) ketahanan pangan; (6) kutukan sumber daya alam; (7) ketahanan energi; dan (8) rendahnya kualitas institusi yang dapat menyebabkan ekonomi berbasis perburuan rente. Tantangan-tantangan inilah yang perlu dijawab demi mencapai Indonesia yang berdaulat, maju, adil, dan makmur melalui penguasaan pengetahuan dan inovasi.

 

Untuk memperkuat ekosistem pengetahuan Indonesia, Buku Cetak Biru Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi ini menyodorkan sasaran untuk setiap elemen dalam ekosistem tersebut. Sasaran-sasaran tersebut adalah:

1. Memastikan kerangka regulasi yang kuat dan jelas

2. Membenahi tata kelembagaan

3. Memperbaiki tata kelola dan mekanisme akuntabilitas

4. Membentuk sumber daya yang dinamis

5. Menyediakan dukungan pendanaan dan insentif yang memadai

 

Buku Cetak Biru Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi ini merumuskan lebih dari 100 strategi untuk mencapai kelima sasaran di atas. Berdasarkan konteks saat ini, dipilih sejumlah strategi prioritas yang diharapkan dapat menjadi referensi mengenai perbaikan-perbaikan yang harus disegerakan.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Cetak Biru Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi (pdf), melalui link yang download yang tersedia di bawah ini

 

Link download Buku Cetak Biru Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi (disini)

 

Demikian Informasi tentang Link download Buku Cetak Biru Ekosistem Pengetahuan dan Inovasi. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog