PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

16 June 2021

KALENDER PENDIDIKAN PROVINSI BANTEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

| 16 June 2021
Kalender Pendidikan Kaldik SMA SMK SLB SKH Provinsi Banten Tahun Pelajaran 2021/2022


Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten tentang Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMK Provinsi Banten Tahun Pelajaran 2021/2022, yang dimaksud Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup  permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.

 

Dalam Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMK SLB Provinsi Banten Tahun Pelajaran 2021/2022 antara diatur  tentang perencanaan pengaturan kelas, permulaan  tahun  pelajaran, hari pertama masuk satuan pendidikan, minggu  efektif  belajar, waktu pembelajaran efektif, jadwal penilaian  tengah  semester, jadwal penilaian  akhir  semester, penilaian  akhir tahun, libur semester, dan libur akhir tahun.

 

Adapun yang dimaksud perencanaan pengaturan kelas yaitu: a) Pengaturan kelas untuk keperluan administrasi satuan pendidikan; b) Penempatan  denah  satuan  pendidikan  pada  papan  pengumuman  dan pengaturan  ruang  kelas  untuk  memudahkan  peserta  didik  dapat mengetahui ruang belajar masing-masing.  Permulaan  tahun  pelajaran adalah  waktu  dimulainya  kegiatan  pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.   Hari pertama masuk satuan pendidikan adalah serangkaian kegiatan satuan pendidikan pada permulaan tahun pelajaran yang berlangsung selama  3 (tiga) hari kerja.

 

Sedangkan yang dimakud Minggu  efektif  belajar  adalah  jumlah minggu  kegiatan  pembelajaran  untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.  Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah Jam Pembelajaran setiap minggu,  meliputi jumlah Jam  Pembelajaran untuk  seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan  pengembangan diri.  Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk  jeda antar semester, libur akhir tahun  pelajaran, hari libur keagamaan,  hari  libur  umum  termasuk  hari-hari  besar  nasional,  dan  hari libur khusus. Libur semester adalah waktu libur yang diadakan pada akhir setiap semester. Libur  akhir  tahun  pelajaran  adalah waktu  libur  yang  diadakan pada  akhir tahun pelajaran.

 

Yang dimaksud Penilaian  Tengah  Semester dalam Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMK SLB Tahun Pelajaran 2021/2022  Provinsi Banten adalah  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  pendidik secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8–9  minggu  kegiatan  pembelajaran.  Cakupan  penilaian meliputi  seluruh  indikator yang  merepresentasikan  seluruh KD  pada  periode tersebut. Sedangkan  Penilaian akhir semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur  pencapaian  kompetensi  peserta  didik  di  akhir  semester  ganjil. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Adapun   Penilaian  Akhir  Tahun  adalah  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  pendidik  dalam merepresentasikan semua KD pada Tahun Pelajaran.

 

Dalam Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMK SKH Provinsi Banten Tahun Pelajaran 2021/2022, Permulaan Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah tanggal 12 Juli 2021. Hari-hari  pertama  masuk  sekolah  merupakan  serangkaian  kegiatan  satuan pendidikan  pada  permulaan  tahun  pelajaran  baru sekaligus Masa  Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan kegiatan antara lain:  Peserta  didik  baru  SMA/SMK/SLB  diawali dengan  kegiatan  MPLS  untuk pengenalan  satuan  pendidikan  (program,  struktur,  tata  tertib,  dan  lain lain),  penanaman  konsep  pengenalan  diri  peserta  didik  dan  kegiatan keagamaan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, cara belajar dan sistem pembelajaran,  kegiatan  kesiswaan, pembentukan  pengurus  kelas,  pembagian kelompok belajar yang dipandu oleh panitia dan/atau wali kelas. Fokus MPLS  peserta  didik dilaksanakan dengan kegiatan  pembiasaan  dan  pengembangan diri  yang  dilandasi  nilai-nilai  karakter  untuk  mewujudkan  profil  pelajar Pancasila.

 

Penilaian  harian,  Penilaian  tengah  semester,  dan  Penilaian  akhir  semester merupakan  tugas dan  tanggung  jawab  pendidik  yang  diselenggarakan  oleh satuan pendidikan. Dalam Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMK SKH Tahun Pelajaran 2021/2022 Provinsi Banten,  Jadwal  Penilaian  Akhir  Semester  bagi SMA/SMK/SLB  semester 1 akan dilaksanakan pada  tanggal 1 sampai dengan 7 Desember 2021. Sedangkan Jadwal Penilaian  Akhir  Tahun  bagi SMA/SMK/SLB  atau Penilaian Semester Genap akan dilaksnakan  pada tanggal 2 s.d 8 Juni 2022.

 

Lalu kapan jadwal pembagian Rapor dan libur semester ganjil dan genap di provinsi Banten pada tahun pelajaran 2021/2022 ? untuk mengetahuinya silahkan download Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMK SLB Provinsi Banten Tahun Pelajaran 2021/2022, melalui link yang tersedia di bawah ini.

 



Link download Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMK Provinsi Banten Tahun Pelajaran 2021/2022 (disini)

 

Demikian informasi tentang Kalender Pendidikan (Kaldik) SMA SMK Provinsi Banten Tahun Pelajaran 2021/2022. semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungan Anda.




= Baca Juga =



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog