PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

10 April 2022

JADWAL DAN TATA CARA PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN TAHUN 2022 TAHUN AKADEMIK 2022/2023

| 10 April 2022
Jadwal Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 Tahun Akademik 2022/2023


Jadwal Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 Tahun Akademik 2022/2023Pendaftaran sekolah kedinasan telah dimulai. Pelamar sudah dapat mendaftarkan diri dan bersaing untuk memperebutkan 7.080 formasi yang tersedia di 30 sekolah kedinasan. Proses pendaftaran dapat dilakukan sejak Sabtu, 9 April 2022 mulai pukul 09.22 WIB melalui portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan pada tautan https://dikdin.bkn.go.id/. Sama seperti di tahun sebelumnya, kebijakan pelamar hanya dapat mendaftar pada satu dari 30 sekolah yang tersedia masih berlaku.


Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni mengingatkan kepada setiap pelamar untuk dapat menyiapkan diri dengan semaksimal mungkin. Salah satunya adalah dengan memahami alur seleksi sekolah kedinasan serta syarat dan ketentuan. “Sebelum mendaftar, pastikan pelamar mencermati dan memahami setiap syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh masing-masing sekolah. Jangan sampai gagal di tahap pendaftaran hanya karena kurang teliti,” ujar Deputi Alex di Jakarta, Sabtu (09/04).

 

Alex menyampaikan bahwa bahwa peserta dapat mempelajari ketentuan mengenai seleksi sekolah kedinasan yang tertera pada PermenPANRB No. 20/2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Sedangkan, informasi mengenai syarat dan ketentuan dari masing-masing sekolah kedinasan dapat dilihat pada https://dikdin.bkn.go.id/daftarInstansi.

 

Terkait dengan tata cara serta prosedur pendaftaran, pelamar dapat membaca Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan Tahun 2022 yang tersedia di portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan. Pelamar juga dapat mencermati pertanyaan yang sering diajukan pada menu FAQ.

Pelamar memiliki waktu selama 22 hari untuk melakukan proses pendaftaran. Pelamar dapat mengirimkan pendaftaran terakhir pada Sabtu, 30 April 2022 pukul 23.59 WIB.

 

Adapun 30 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran pada tahun ini berada dibawah naungan delapan instansi. Sama seperti tahun lalu, instansi tersebut adalah Kementerian Dalam Negeri; Kementerian Hukum dan HAM; Kementerian Keuangan; Badan Pusat Statistik; Badan Intelijen Negara; Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika; Badan Siber dan Sandi Negara; dan Kementerian Perhubungan.

 

Alex mengatakan bahwa nantinya tidak semua lulusan sekolah kedinasan akan mengabdi sebagai PNS di instansi yang menaungi sekolah kedinasannya. Bagi lulusan sekolah kedinasan yang berasal dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Perhubungan akan disebar ke kementerian dan lembaga lainnya serta pemerintah daerah sesuai dengan kebutuhan.

 

“Sebagai ASN, tentunya diharapkan bagi PNS lulusan sekolah kedinasan untuk siap mengabdi untuk melayani dan ditempatkan di seluruh Indonesia sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Alex.

 

Ditegaskan kembali oleh Alex bahwa seluruh rangkaian seleksi sekolah kedinasan dilaksanakan secara transparan, objektif, kompetitif, tidak diskriminatif, serta bebas dari unsur KKN. Oleh karenanya, Alex juga mengingatkan kepada setiap pelamar untuk selalu berhati-hati terhadap tindak penipuan yang mungkin terjadi dalam seleksi sekolah kedinasan ini.

 

“Harap berhati-hati terhadap oknum yang menjanjikan kelulusan dan meminta imbalan, karena sudah dapat dipastikan penipuan. Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk dapat mengikuti rangkaian seleksi sekolah kedinasan,” pungkas Alex. (ald/HUMAS MENPANRB)

 

Alokasi Formasi Sekolah Kedinasan Tahun 2022

·          Kementerian Dalam Negeri

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN): 1.230 formasi

·          Kementerian Keuangan

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN): 750 formasi

·          Kementerian Hukum dan HAM

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip): 300 formasi

Politeknik Imigrasi (Poltekim): 300 formasi

·          Badan Pusat Statistik

Politeknik Statistika STIS: 500 formasi

·          Badan Intelijen Negara

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN): 300 formasi

·          Badan Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG): 250 formasi

·          Badan Siber dan Sandi Negara

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN): 100 formasi

·          Kementerian Perhubungan: 3.350 formasi

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)

Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PTKJ) Tegal

Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan (Poltektrans SDP) Palembang

Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar

Politeknik Pelayaran Surabaya

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Politeknik Pelayaran Sumatra Barat

Politeknik Pelayaran Banten

Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh

Politeknik Pelayaran Barombong

Politeknik Pelayaran Sorong

Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara

Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Politeknik Penerbangan Makassar

Politeknik Penerbangan Medan

Politeknik Penerbangan Surabaya

Politeknik Penerbangan Jayapura

Politeknik Penerbangan Palembang

Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi


Berikut Tanya jawab seputar Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 Tahun Akademik 2022/2023. Kapan Jadwal pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 ? Pengumuman Pendaftaran Sekolah Kedinasan direncanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 8 April 2022, sedangkan jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka tanggal 9 sampai dengan 30 April 2022. Apakah yang harus dipersiapkan dalam melakukan pendaftaran? Identitas diri, alamat email aktif, data orang tua dan nilai rapor dan persyaratan lain yang di perlukan dari masing-masing sekolah kedinasan. Bagaimana tata cara pendaftaran untuk peserta yang tidak mempunyai nilai UN di masa pandemi ini? Untuk tata cara pendaftaran silahkan untuk mengunjungi website sekolah kedinasan ataupun website instansi yang ingin dilamar untuk mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi. Dapatkan Saya Melamar Pada Lebih Dari Satu Sekolah Kedinasan? Pendaftar hanya boleh mendaftar pada 1 (satu) Sekolah dan 1 Jurusan di Sekolah Kedinasan yang dilamar. Bagaimana Jika Ada Kesalahan Dalam Pengisian Data? Data bisa diubah selama pendaftar belum klik 'Akhiri Pendaftaran' pada Resume Pendaftaran.

 

Apa Saja Persyaratan Khusus Untuk Mendaftar Sekolah Kedinasan? Untuk persyaratan khusus berbeda untuk masing-masing sekolah, untuk itu pendaftar bisa mengacu pada website sekolah terkait. Bagaimana Jika NIK Dan NO KK Tidak Ditemukan ? Apabila terdapat ketidaksesuaian data antara NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK) / NIK Kepala Keluarga, silahkan mengajukan permohonan perbaikan data ke Kantor DUKCAPIL setempat sesuai alamat KTP dan DUKCAPIL PUSAT untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki. Kontak DITJEN DUKCAPIL PUSAT dapat dilihat pada tautan berikut http://dukcapil.kemendagri.go.id/contact Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil (Call Center : 1500537). Bagaimana jika saya belum 17 tahun sehingga belum memiliki KTP atau Surat Keterangan? Untuk pelamar yang berusia dibawah 17 tahun bisa mengupload Kartu Keluarga (untuk swafoto juga menggunakan Kartu Keluarga)

 

Saat info ini dimuat Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 belum terbit. Namun mengacu pada buku petunjuk tahun sebelumnya, pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :

1. Kartu Keluarga

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Ijazah

4. Rapor SMA/Sederajat

5. Pas foto

6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

 

Bagaimana Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022. langkah-langkah Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 adalah sebagai berikut.

1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id atau langsung https://dikdin.bkn.go.id

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id

3. Pelamar melakukan LOG IN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan

5. Pelamar memasukkan Nilai

6. Pelamar melengkapi Biodata

7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan

8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)

9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi

11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih

12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian

13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi

14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi

15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya

 

Berikut ini Tata Cara Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan.

1. Klik Registrasi atau Daftar

2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga

Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)

4. Nama lengkap sesuai KTP

5. Tanggal lahir sesuai KTP

6. Kabupaten/Kota sesuai KTP

7. Masukan kode captcha yang terlampir

8. Setelah data di atas dimasukan, klik lanjutkan. Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan.

9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari data :

a) Alamat

Isi alamat sesuai dengan KTP

b) Tempat Lahir

Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah

c) Tanggal Lahir

Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah

d) Jenis kelamin

Pilih jenis kelamin yang sesuai

e) E-mail

Masukan e-mail aktif dan valid

f) Password

Masukan password yang mudah diingat.

Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login

g) Konfirmasi Password

Masukkan kembali password telah Anda masukan

h) Pertanyaan Pengaman 1

Pilih pertanyaan pengaman Anda

i) Jawaban Pengaman

Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih

j) Pertanyaan Pengaman 2

Pilih pertanyaan pengaman Anda

k) Jawaban Pengaman

Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih

l) Captcha

Masukan kode captcha yang tampil di layar

10. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb

11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap

12. Selanjutnya klik Lanjutkan

13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data cek kembali data Anda jika ada yang perlu diperbaiki klik Kembali dan jika sudah benar klik Proses Pendaftaran Akun

 

Akan tampil halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2022 berhasil, klik Cetak Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik. Klik Lanjutkan Login Pendaftaran untuk ke form berikutnya.

 

Berikut ini tata cara Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata, adalah sebagai berikut.

1. Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://dikdin.bkn.go.id dengan klik tombol yang tertera di sudut kanan atas.

2. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta

a. Upload Swafoto

Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.:

Klik tombol Choose File cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb.

b. Mendaftar Formasi

1) Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan

2) Klik tombol Pilih

3) Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK Anda berada

4) Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat)

5) Isi Tahun Lulus

6) Isi nomor ijazah pendidikan terakhir Anda

7) Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda

8) Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda

9) Isi kode captcha yang tampil

10) Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol Selanjutnya, Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi.

 

c. Pengisian Nilai

Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.

 

Tata Cara Pengisian Biodata Peserta, Unggah Dokumen dan Periksa resume pendaftaran

a. Pengisian Biodata

Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.

 

Data Diri Pelamar:

Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.

 

Data Diri Orang Tua:

NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.

Isi kode captcha yang tampil pada kolom yang disediakan. Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya.

 

b. Unggah Dokumen

Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.

Untuk mengunggah dokumen, klik tombol Unggah, cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol lihat. Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol Unggah untuk mengganti dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status. dokumen telah diunggah atau belum. Klik Selanjutnya untuk ke halaman selanjutnya.

 

c. Resume

Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.

Centang (v) pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik Akhiri Proses Pendaftaran. Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.

Selanjutnya klik tombol Iya , dan tombol Cetak Kartu Informasi Akun dan Cetak Kartu Pendaftaan Dikdin akan tampil. Bila pelamar klik tombol Pendaftaan Dikdin akan tampil Kartu Pendaftaran.

Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

 

Link Download Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 (DISINI)

 

Baca Juga !!!

Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru STIS Tahun Akademik 2022/2023

Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Calon Praja IPDN Tahun Akademik 2022/2023

Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Taruna Baru Ikatan Dinas STMKG Tahun Akademik 2022/2023

Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Taruna Baru STIN Tahun Akademik 2022/2023

Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru Poltek SSN (STSN) Tahun Akademik 2022/2023

Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun Akademik 2022/2023

Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Baru POLTEKIP dan POLTEKIM Kemenkuhham Tahun Akademik 2022/2023

Jadwal dan Persyaratan Penerimaan Mahasiswa/Taruna Baru Kementerian PerhubunganTahun Akademik 2022/2023


Demikian informasi tentang Jadwal Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022 Tahun Akademik 2022/2023. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 



= Baca Juga =



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog