PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

10 April 2022

JUKLAK JUKNIS OPSI SMP TAHUN 2022

| 10 April 2022
Juklak Juknis OPSI SMP MTs Tahun 2022


Petunjuk Pelaksanaan (Juklak Juknis) OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) SMP Tahun 2022. Ruang lingkup OPSI SMP tahun 2022 terdiri atas 3 (tiga) kategori bidang ilmu, yaitu: 1) Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Budaya Bidang ini berkaitan dengan studi tentang masyarakat, yaitu cara orang berperilaku dan mempengaruhi dunia di sekitar, tentang kebajikan dan cinta kasih manusia terhadap sesama, serta tentang kegiatan atau produk manusia yang melibatkan imajinasi kreatif dalam mengungkapkan nilai- nilai, akal budi dan karya manusia; 2) IImu Pengetahuan Alam dan Lingkungan Bidang ini berkaitan dengan pemahaman manusia secara sistematis terhadap gejala alam dalam bentuk konsep, prinsip, dan hukum yang teruji kebenarannya melalui suatu metode ilmiah. Termasuk dalam gejala alam adalah lingkungan, yaitu segala sesuatu berupa proses atau peristiwa di sekitar yang bersifat biotik maupun abiotic; 3) Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa Bidang ini adalah tentang rancangan, yaitu pemikiran dan upaya membuat sesuatu untuk kepentingan manusia. Perwujudannya berupa produk teknologi.

 

Buku Petunjuk Pelaksanaan Juklak Juknis OPSI SMP MTs Tahun 2022 ini akan menjelaskan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan OPSI sebagai pedoman bagi penyelenggaraan OPSI SMP tahun 2022. Oleh karena itu, Buku Petunjuk Pelaksanaan Juklak Juknis OPSI SMP MTs Tahun 2022 ini menjadi pedoman bagi pihak- pihak terkait dalam pengelolaan kegiatan OPSI pada seleksi tahap penyisihan dan pelaksanaan tingkat nasional.

 

Sebagaimana diketahui OPSI diselenggarakan dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. OPSI berfokus pada penumbuhan karakter ilmiah melalui kegiatan olimpiade dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa untuk belajar meneliti. Ide - ide dalam penelitian dapat digali dari berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Melalui kegiatan ini, kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan. Dengan demikian, OPSI menjadi wadah bagi para siswa SMP/ MTs/sederajat untuk mengaktualisasikan minat, bakat, kemampuan dalam meneliti dan berinovasi serta menanamkan budaya meneliti di kalangan peserta didik. Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai lomba penelitian nasional dan internasional.

 

Penyelenggara OPSI SMP tahun 2022 terdiri atas unsur- unsur sebagai berikut: 1) Panitia Pusat: Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; 2) Tim Juri: Lembaga penelitian pemerintah atau perguruan tinggi, dan Praktisi dalam bidang yang dilombakan; 3) Tim Teknologi Informasi.

 

Berdasarkan Buku Petunjuk Pelaksanaan Juklak Juknis OPSI SMP MTs Tahun 2022, kegiatan OPSI SMP tahun 2022 ini dilaksanakan dengan sistem daring/online karena kondisi sebagian besar wilayah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam masa Pandemi Covid- 19 dan masih berlakunya secara luas kebijakan PPKM. Media pelaksanaan olimpiade menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia pusat. Pelaksanaan olimpiade harus mengikuti protokol kesehatan Covid- 19.

 

Persyaratan Peserta OPSI SMP MTs Tahun 2022

a. Warga Negara Indonesia.

b. Siswa SMP/MTs/sederajat, kelas VII atau VIII pada tahun ajaran 2021/2022.

c. Peserta dapat perseorangan atau berkelompok (maksimum tiga orang) yang terdiri atas satu orang ketua dan lainnya anggota.

d. Peserta berkelompok harus dari sekolah yang sama.

e. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah penelitian terbaiknya.

f. Setiap peserta harus mempunyai guru pembimbing.

g. Naskah penelitian belum pernah dan/atau tidak dalam proses seleksi dalam lomba lainnya.

h. Naskah yang akan dilombakan ditetapkan dan diusulkan sekolah dengan bukti surat keterangan kepala sekolah.

 

Persyaratan Guru Pembimbing OPSI SMP MTs Tahun 2022

a. Guru pembimbing berperan memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa dalam penelitian, namun ide/ gagasan dan isi naskah hasil penelitian tetap merupakan tanggung jawab peneliti.

b. Guru pembimbing mengajar di sekolah yang sama dengan peserta yang dibimbingnya.

c. Bidang kompetensi guru pembimbing sesuai dengan bidang penelitian siswa.

 

Karakteristik Karya Ilmiah

Berdasarkan Buku Petunjuk Pelaksanaan Juklak Juknis OPSI SMP MTs Tahun 2022,Karya ilmiah yang diajukan harus berupa ide/gagasan faktual dan kreatif. Faktual adalah objek yang diteliti harus berdasarkan kenyataan dan mengandung kebenaran, dan kreatif artinya memiliki daya cipta baru atau memodifikasi gagasan yang sudah ada. Naskah karya ilmiah hasil penelitian harus bersifat objektif, kritis dan memenuhi kaidah - kaidah ilmiah. Objektif artinya hasil penelitian yang disampaikan sesuai dengan fakta. Kritis artinya kesimpulan penelitian merupakan hasil dari pemikiran dan analisis yang mendalam. Kaidah -kaidah ilmiah adalah ketentuan baku dalam penulisan karya tulis ilmiah.

 

Tata Cara Registrasi/Pendaftaran Peserta OPSI SMP MTs Tahun 2022

1. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi lomba Pusat Prestasi Nasiona l, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/

2. Registrasi dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta OPSI SMP secara akurat dan benar.

3. Saat registrasi, sekolah mengunggah pakta integritas/surat pernyataan siswa dan surat keterangan sekolah pada aplikasi pendaftaran, format surat dapat diakses pada website Pusat Prestasi Nasional.

 

Ketentuan dan Mekanisme Seleksi OPSI SMP MTs Tahun 2022

Ketentuan Seleksi

a. Pengiriman Naskah Laporan Penelitian

1) Semua naskah laporan penelitian atau karya ilmiah sudah diterima oleh panitia paling lambat 8 Agustus 2022.

2) Peserta mengirimkan naskah laporan penelitian (file PDF) secara daring/online ke website aplikasi lomba pada laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/

3) Peserta hanya boleh mengikuti satu bidang ilmu dan hanya 1 (satu) judul naskah laporan penelitian yang dapat diajukan.

4) Setiap sekolah dapat mengirimkan 1 (satu) judul naskah per kategori bidang ilmu.

5) Peserta memberikan pernyataan bahwa naskah penelitian belum pernah dan/atau tidak dalam proses seleksi dalam lomba lainnya. Panitia berhak untuk mendiskualifikasi laporan penelitian apabila ditemukan unsur plagiasi dalam karyanya.

6) Naskah laporan penelitian yang dikirimkan wajib mengikuti sistematika laporan penelitian sebagai berikut:

a) Halaman Judul

b) Lembar pernyataan orisinalitas/bukan plagiasi dan belum pernah dilombakan.

c) Lembar Pakta Integritas

d) Surat keterangan kepala sekolah

e) Abstrak

f) Bab 1 Pendahuluan

g) Bab 2 Kajian Pustaka

h) Bab 3 Metode Penelitian

i) Bab 4 Hasil dan Pembahasan

j) Bab 5 Kesimpulan dan Saran

k) Daftar Pustaka

7) Nama urutan pertama dalam kelompok adalah sebagai ketua kelompok sekaligus penulis utama.

8) Naskah penelitian lengkap yang dilombakan menjadi hak milik panitia dan dapat disebarluaskan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan nama penulis naskah.

 

Penilaian

Bobot penilaian seleksi tahap penyisihan dalam seleksi ini meliputi:

1. Keunikan topik, keaslian gagasan, aktualitas, relevansi terhadap tema, kejelasan permasalahan, kebermanfaatan, argumentasi ilmiah dan implementatif, Bobot 50

 2. Struktur dari rumusan masalah, metode, pembahasan, kesimpulan. Data dan sumber informasi, relevansi data dan validasi data, Bobot 30

3. Format naskah mencakup tata tulis, ukuran kertas, kerapihan, tata letak, jumlah halaman, sistematika tulisan, ketepatan dan kejelasan penyampaian, tata bahasa, Bobot 20

Total Skor Bobot Penilaian 100

 

Mekanisme Seleksi

Seleksi diselenggarakan dengan 3 (tiga) tahapan seleksi, yaitu kelengkapan berkas, tahap penyisihan dan tahap akhir.

1. Seleksi Kelengkapan Berkas

Berkas yang tidak lengkap sebagaimana pada ketentuan seleksi, tidak diikutsertakan pada tahapan berikutnya.

2. Seleksi Tahap Penyisihan

Seleksi tahap penyisihan memilih 40 (empat puluh) naskah laporan penelitian terbaik untuk setiap bidang ilmu. Proses seleksi tahap penyisihan berlangsung bulan Agustus 2022.

3. Seleksi Tahap Akhir

Peserta yang terpilih pada tahap penyisihan akan diundang untuk mengikuti seleksi tahap akhir secara daring/online yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022. Hasil seleksi tahap akhir menentukan juara tingkat nasional untuk setiap bidang ilmu.

 

Ketentuan dan Prosedur Pelaksanaan Seleksi Tahap Akhir

Peserta seleksi tahap akhir wajib mengikuti prosedur pelaksanaan presentasi daring/online sebagai berikut:

1) Ketua kelompok bertugas mempresentasikan hasil penelitiannya dan dapat dibantu anggotanya.

2) Bila ada prototipe/alat peraga hasil ciptaan, maka pada saat presentasi dan saat pameran alat tersebut harus dapat dioperasikan sesuai dengan fungsinya.

3) Peserta seleksi tahap akhir yang tidak hadir dalam presentasi secara online/daring pada waktu yang telah ditentukan dinyatakan gugur.

4) Peserta seleksi tahap akhir wajib mengenakan pakaian seragam sekolah pada saat presentasi.

5) Dokumen yang harus dikirimkan oleh peserta seleksi tahap akhir, mencakup:

a) File naskah laporan penelitian yang sudah disempurnakan dalam format PDF;

b) File slide presentasi dalam format file powerpoint (.ppt/.pptx) yang berisi poin - poin utama dalam naskah laporan penelitian;

c) Link file video presentasi dalam format MP4 dengan durasi 10 menit. Berisi penjelasan mengenai latar belakang, tujuan, metode, alat dan bahan, hasil dan diskusi, dan kesimpulan;

d) File poster yang memuat ilustrasi hasil penelitian (pdf) berupa infografis;

e) File video penjelasan pameran dalam format MP4. Video penjelasan pameran memu at informasi tentang produk hasil penelitian, simulasi, dan/ atau kebermanfaatan. Peserta Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusian dan Budaya tidak wajib mengirimkan video.

6) Semua dokumen harus dikirimkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

7) Pelaksanaan penjurian daring/online dilakukan dengan media teleconference.

8) Apabila tidak ada kendala jaringan dari para peserta seleksi tahap akhir, pelaksanaan presentasi, tanya jawab dan presentasi pameran karya dilakukan secara daring/ online. Namun apabila terdapat kendala jaringan, juri akan menayangkan video presentasi dan video penjelasan pameran karya yang telah dikirimkan dan dilanjutkan sesi tanya jawab dengan juri kurang lebih 7 (tujuh) menit memakai media komunikasi lainnya.

 

Penilaian

Bobot penilaian seleksi tahap akhir berupa presentasi dan pameran hasil penelitian adalah sebagai berikut:

1) Penampilan ilustrasi hasil penelitian dalam bentuk poster dan/atau produk, bobot 15

2) Penguasaan materi presentasi, sistematika presentasi, kecocokan bahan presentasi, bobot 35

3) Gagasan dan karya terbukti orisinal dari siswa, penelitian atau produk benar - benar riil (bukan angan - angan), kemampuan mempertahankan ide dan menjawab pertanyaan, bobot 40

4) Sikap dan karakter ketika menyajikan presentasi/wawancara dan penggunaan bahasa, bobot 10

Skor Bobot Penilaian 100

 

Seluruh keputusan panitia penyelenggara dan dewan juri yang tercantum di dalam petunjuk pelaksanaan di atas adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

Hadiah dan Penghargaan

Pemenang OPSI SMP tahun 2022 tingkat nasional dikelompokkan berdasarkan bidang lomba penelitian sebagai berikut:

1. Medali Emas

Medali yang diberikan kepada peserta/ kelompok yang berhasil meraih nilai tertinggi kelompok pertama dalam bidang lomba dari jumlah nilai presentasi dan pameran.

2. Medali Perak

Medali yang diberikan kepada peserta/ kelompok yang berhasil meraih nilai tertinggi kelompok kedua dalam bidang lombanya dari jumlah nilai presentasi dan pameran.

3. Medali Perunggu

Medali yang diberikan kepada peserta/ kelompok yang berhasil meraih nilai tertinggi kelompok ketiga dalam bidang lombanya dari jumlah nilai presentasi dan pameran.

4. Penghargaan Khusus

Poster terbaik

Penyaji terbaik

 

Agenda Pelaksanaan OPSI SMP Tahun 2022

Dalam Buku Petunjuk Pelaksanaan Juklak Juknis OPSI SMP MTs Tahun 2022 dinyatakan Jadwal pelaksanaan OPSI SMP tahun 2022 adalah sebagai berikut:

1. Sosialisasi OPSI 2022 bulan April 2022

2. Pengiriman laporan penelitian lengkap 08 Agustus 2022

3. Hasil penilaian dan seleksi laporan penelitian Agustus 2022

4. Pelaksanan tingkat nasional OPSI 2022 bulan Oktober 2022

 

Selengkapnya silahkan melalui salinan dokumen Buku Petunjuk Pelaksanaan Juklak Juknis OPSI SMP MTs Tahun 2022 yang tersedia di bawah ini

 



Link download Buku Petunjuk Pelaksanaan Juklak Juknis OPSI SMP MTs Tahun 2022 (disini)

 

Demikian informasi tentang Buku Petunjuk Pelaksanaan Juklak Juknis OPSI SMP MTs Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog