PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

8 April 2022

JUKNIS PANDUAN OSN SD TAHUN 2022

| 8 April 2022
Petunjuk Teknis Juknis atau Panduan OSN SD Tahun 2022


Juknis Panduan OSN SD MI Tahun 2022. Pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan tertera bahwa pemerintah melakukan penjaminan mutu pendidikan serta pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mencapai prestasi puncak di bidang pengetahuan, teknologi, seni, dan atau olahraga pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten kota, provinsi, nasional, dan internasional.

 

Berdasarkan pada hal di atas, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi secara konsisten menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) bagi peserta didik Sekolah Dasar dan/atau yang sederajat tahun 2022.

 

Olimpiade Sains Nasional tingkat sekolah dasar (OSN SD) Tahun 2022 diharapkan menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu mencintai sains, berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

 

Sebagaimana tahun 2021 lalu, pada tahun ini karena kondisi pendemik masih belum mereda, dengan mengacu pada protokol kesehatan pelaksanaan lomba-lomba dilakukan secara daring/online di bawah pengawasan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi. Petunjuk Teknis (Juknis) atau Panduan OSN SD Tahun 2022 ini disusun sebagai acuan bagi peserta, satuan pendidikan, dan panitia penyelenggara untuk mempersiapkan dan mengikuti OSN SD tahun ini dengan sebaik- baiknya. Semoga Panduan Teknis Pelaksanaan ini dapat mempermudah dan memperlancar pelaksanaan OSN SD tahun ini sehingga anak-anak Indonesia tetap dapat menunjukkan prestasi dibidang sains dan terus berlatih untuk menjadi generasi unggul bangsa.

 

Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) atau Panduan OSN SD Tahun 2022, Tujuan umum OSN SD tahun 2022 adalah sebagai wahana Olimpiade dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Olimpiade ini dirancang sebagai Olimpiade yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

 

Tujuan khusus OSN SD tahun 2022 adalah sebagai berikut: a) menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; b) memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik; c) untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari; d) memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat; e) memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan; dan f) memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

 

Adapun tema OSN SD tahun 2022 adalah: “TALENTA SAINS UNTUK INDONESIA MAJU”. Sasaran OSN SD tahun 2022 adalah peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat.

 

Persyaratan Peserta OSN SD MI tahun 2022 berdasarakan Petunjuk Teknis (Juknis) atau Panduan OSN SD Tahun 2022 adalah sebagai berikut:

a. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI).

b. Peserta didik kelas IV dan V SD/MI atau yang sederajat di tahun ajaran 2021/2022 dengan usia maksimal 13 tahun pada 31 Juli 2022.

c. Peserta memiliki minat pada bidang yang dilombakan.

d. Peserta belum pernah meraih medali emas pada OSN SD tingkat nasional tahun sebelumnya pada bidang yang sama.

e. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya.

f. Peserta diusulkan oleh sekolah untuk mengikuti Tahap Penyisihan. Sekolah hanya dapat mengirimkan 1 (satu) peserta untuk bidang Matematika dan 1 (satu) peserta untuk bidang IPA, ditetapkan dengan surat keterangan sekolah serta siap mengirimkan dokumen tersebut jika diminta oleh panitia pusat.

g. Sekolah yang tidak mengikuti ketentuan butir f akan didiskualifikasi pada seleksi tahap berikutnya.

 

Persyaratan Pendamping

a. Pendamping adalah petugas yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

b. Pendamping berkordinasi dengan orang tua peserta didik dalam rangka pelaksanaan OSN SD tahun 2022 dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

c. Pendamping menandatangani surat pernyataan dan siap mengirimkan dokumen tersebut jika diminta oleh panitia pusat.

d. Pendamping berfungsi sebagai pengawas peserta saat seleksi OSN SD tahun 2022, dengan tugas sebagai berikut:

1) memastikan identitas peserta sesuai dengan data peserta;

2) memastikan peserta telah membaca petunjuk pengerjaan soal;

3) memastikan peserta tidak menggunakan buku catatan, kamus matematika atau kamus sains (IPA), kalkulator, tabel, atau alat elektronik lain yang dapat digunakan untuk menghitung dan menyimpan data, kecuali buku Kamus Bahasa Inggris-Indonesia dan Kamus Bahasa Indonesia-Inggris;

4) melakukan pengawasan kepada peserta selama mengerjakan soal;

5) memastikan peserta mengerjakan soal secara mandiri pada pelaksanaan OSN;

6) melakukan perekaman foto dan video keadaan peserta saat mengerjakan soal serta siap mengirimkan hasil rekaman jika diminta oleh panitia pusat;

7) memberikan izin kepada peserta ketika akan buang air (ke kamar kecil/toilet).

e. Pendamping berjumlah sebanyak peserta apabila pelaksanaan dilakukan di rumah, sedangkan jumlah pendamping sebanyak 1 (satu) orang apabila pelaksanaan dilakukan di sekolah.

f. Pendamping bukan pembina/guru bidang studi matematika atau IPA.

 

Tata Cara Registrasi/Pendaftaran Peserta

1. Sekolah yang terdaftar di Dapodik:

- registrasi dilakukan oleh sekolah melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman: pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

- setelah pendaftaran berhasil, sekolah membuatkan AKUN peserta dari laman registrasi untuk sign in peserta mengikuti OSN SD Tahun 2022.

2. Sekolah yang tidak terdaftar di Dapodik:

- Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau narahubung perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri melakukan pra registrasi melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman: pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id untuk membuat AKUN Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau narahubung perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri dan mendapatkan kode pra registrasi agar dapat dibagikan ke sekolah yang tidak terdaftar di dapodik

- setelah mendapatkan kode pra registrasi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau narahubung perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri diwajibkan membagikan kode pra registrasi kepada sekolah yang akan melakukan registrasi

- sekolah melakukan registrasi/pendaftaran dengan melengkapi data peserta secara akurat dan benar.

- sekolah diwajibkan mengunggah surat pernyataan integritas peserta didik dan surat keterangan peserta didik aktif dari sekolah pada laman pendaftaran, format surat dapat diunduh pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

- setelah registrasi/pendaftaran berhasil, sekolah membuatkan AKUN peserta dari laman registrasi untuk sign in peserta mengikuti OSN SD Tahun 2022

 

Jadwal pelaksanaan OSN SD tahun 2022, adalah sebagai berikut

1. Sosialisasi OSN SD tahun 2022 April 2022

2. Virtual Meeting dan penjelasan teknis Puspernas dengan Daerah bulan April 2022

3. Pendaftaran Peserta OSN SD tanggal 20 April – 20 Mei 2022

4. Tryout OSN SD Tahap Penyisihan bulan Mei 2022

5. Seleksi Tahap Penyisihan peserta OSN SD tanggal 6 – 7 Juni 2022

6. Virtual meeting dan penjelasan tingkat nasional OSN SD Juni 2022

7. Tryout OSN SD Tingkat Nasional Juni 2022

8. Pelaksanaan tingkat nasional peserta OSN SD tanggal 11 – 12 Juli 2022

*jika ada perubahan jadwal akan diinformasikan di sosial media (Instagram, Twitter, Facebook) Pusat Prestasi Nasional.

 



Link download Petunjuk Teknis (Juknis) atau Panduan OSN SD MI Tahun 2022 (disini)


Baca Juga Silabus OSN SD MI Tahun 2022 (disini)

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis (Juknis) atau Panduan OSN SD Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog