PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

9 May 2022

CARA MENONAKTIFKAN KEYBOARD LAPTOP INTERNAL YANG RUSAK DAN MENGGANGGU

| 9 May 2022
Cara menonaktifkan keyboard laptop Internal yang rusak dan mengganggu pada Windows 10, Windows 11


ainamulyana.blogspot.com Cara menonaktifkan keyboard laptop Internal yang rusak dan mengganggu pada Windows 10, Windows 11. Keyboard Internal laptop adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada laptop yang biasa terpasang secara permanan yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Jadi keyboard Internal laptop yaitu suatu perangkat keras pada laptop yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya. Selain sebagai alat untuk meninputkan data keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus. Umumnya port keyboard pada laptop adalah PS2.

 

Sebelum Anda mengetahui Cara terbaru menonaktifkan keyboard laptop Internal yang rusak dan mengganggu pada Windows 10, Windows 11, sebaik terlebih dahulu mengenali beberap penyebab keyboard laptop Internal cepat rusak. Adapun beberapa penyebab keyboard laptop rusak antara lain.

 

1. Sering Memencet Tombol Terlalu Keras

Sering  mengetik dengan cepat dan terlalu sering menekan tombol keyboard laptop dengan kuat hanya akan membuatnya rusak. Memencet tombol dengan keras bisa mengurangi elastisitas tombol menjadi berkurang dan bahkan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan tombol lepas dengan sendirinya. Sebaiknya buang jauh-jauh kebisaan anda menekan tombol dengan kuat, karena itu bisa membuat anda rugi sendiri.

 

2. Karet Tombol Keyboard Bermasalah

Karet tombol yang rusak, biasanya terjadi karena keyboard laptop terlalu sering digunakan secara berlebihan dan bisa juga karena faktor umum pemakaian laptop. Hal ini yang membuat karet yang berada di bawah tombol menjadi getas dan menipis, sehingga tombol keyboar laptop sulit ditekan.

 

3. Tombol Keyboard Ketumpahan Cairan

Penyebab umum yang membuat keyboard rusak lainnya adalah karena tertumpah cairan, seperti minuman dan kopi. Cairan yang masuk ke tombol keyboard laptop akan membuat tombol sulit ditekan dan karakter pun tidak muncul di layar.

 

4. Adanya Debu di Bagian Bawah Tombol

Laptop bisa saja terkena debu dan bahkan pasir jika kamu sering menggunakannya di luar ruangan (outdoor) seperti taman, cafe dan pekerja lapangan. Debu dan pasir akan masuk melalui rongga keyboard lalu menyelip di bagian bawah tombol. Hal ini yang membuat tombol keyboard sulit ditekan dan karakter tidak muncul di layar dekstop.

 

Lalu bagaimana cara menonaktifkan keyboard laptop Internal yang terlanjur rusak dan mengganggu saat menggunakan keyboard eksternal ? Sebaiknya memang keyboard laptop Internal yang terlanjur rusak harus diganti, tetapi terkadang masih ada harga keyboard internal yang masing tinggi atau Anda sedang membutuhkan laptop tersebut untuk mengerjakan tugas yang harus segera diselesaikan, Untuk keperlu tersebut Admin akan membagikan Cara menonaktifkan keyboard laptop Internal yang rusak dan mengganggu pada Windows 10, Windows 11 yang insya allah permanen dan tidak mengganggu aktivitasi Anda saat menggunakan laptop tersebut.

 

Tentunya sebelum Anda mempraktekan Cara menonaktifkan keyboard laptop Internal yang rusak dan mengganggu pada Windows 10, Windows 11 terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan keyboard eksternal agar pekerjaan bisa lebih nyaman dikerjakan. Namun jika Anda belum mempunyai keyboard eksternal, Anda dapat menggunakan On Screen Keyboard yang biasa ada pada setiap versi windows.

 

Berikut ini Cara menonaktifkan keyboard laptop Internal yang rusak dan mengganggu pada Windows versi 10 maupun Windows versi 11. Simak ya! mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan

 

Cara Pertama melalui Device Manager. Buka 'Device Manager' dengan cara klik 'Windows + R' pada laptop yang kamu gunakan. Kemudian, masukkan 'devmgmt.msc' di kolom Run yang tersedia, lalu tekan 'Enter'. Sebagai cara alternative Anda uga bisa klik kanan pada tombol 'Start' dan pilih 'Device Manager'. Selanjutnya  Lihat Daftar Perangkat Keyboard yang Terhubung.

Cara menonaktifkan keyboard laptop Internal yang rusak dan mengganggu pada Windows versi 10 maupun Windows versi 11


Untuk melihat daftar perangkat keyboard yang terhubung bisa dilakukan dengan mengklik kanak 'Keyboard'. Kemudian, nantinya akan muncul daftar perangkat keyboard yang terhubung di laptop kamu. Jika sudah, klik kanan perangkat keyboard yang ingin kamu nonaktifkan dan pilih 'Update Drive'. Kemudian, lakukan pilih “Browse My Computers for Drivers” kemudian klik NEXT dan pilih “Let Me Pick From a List of Available drivers on my computers” selanjutnya jika sudah tampil pilihan drivers keyboard hilangkan tanda centang pada “Show compatible hardware” selanjutnya pilih “Standart system device devices” dan pilih “Remote Dekstop Keyboard Device” selanjutnya klik NEXT kemudian pilih YES.

 

Melalui Cara di atas sudah dapat dipastikan Keyboard Internal Anda sudah nonaktif dan tidak bisa digunakan lagi. Dan cara tersebut sifatnya permanan, karena sekalpun sudah direstart, driver tersebut tidak akan berubah secara otomatis.

 

Cara Kedua (Altenatif) untuk menonaktifkan Keyboard Laptop Internal secara Permanen di Windows 10 maupun Windows 11 adalah dengan Disable Keyboard. Namun cara ini biasanya tombol Disable Keyboard tidak akan langsung muncul pada drivers keyboard yang kompatibel, jadi kalau mau melakukan Disable Keyboard ubah dulu drivers keyboard yang digunakan menjadi tidak kompatibel dengan memilih salh satu drive yang ada pada list drivers keyboard

 

Bagaimana cara melalukan Disable Keyboard ? Buka 'Device Manager' dengan cara yang sama seperti langkah di atas, yaitu dengan klik 'Windows + R'. Kemudian, masukkan devmgmt.msc pada kolom Run yang tersedia. Kamu juga bisa dengan klik kanan tombol 'Start' dan pilih 'Device Manager'. Kemudian, cari dan klik 'Keyboard'. Setelah itu, kamu akan melihat list perangkat keyboard yang terhubung di laptop yang kamu gunakan. Setelah itu, klik kanan pada perangkat keyboard yang ingin dinonaktifkan. Kemudian kamu pilih 'Disable Device' untuk menonaktifkannya.

 

Demikian informasi tentang Cara terbaru menonaktifkan keyboard laptop Internal yang rusak dan mengganggu pada Windows 10, Windows 11. Posting ini berbagi pengalaman pribadi dalam saat menonaktifkan keyboarad internal laptop axioo my book pro A14 dan keyboarad internal laptop lenovo yang kebetulan rusak. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. (ainamulyana.blogspot.com)



= Baca Juga =



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog