PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

11 May 2022

DOWNLOAD MATERI EKSTRAKURIKULER PMR (PALANG MERAH REMAJA)

| 11 May 2022
Download Materi Ekstrakurikuler PMR (Palang  Merah  Remaja) di sekolah


Download Materi Ekstrakurikuler PMR (Palang  Merah  Remaja) SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK. Palang  merah  Remaja  (PMR)  adalah  wadah  pembinaan  danpengembangan anggota Remaja PMI, PMR terdapat di seluruh PMI Cabang (kabupaten/kota) di Indonesia. Anggota PMR merupakansalah satu kekuatan PM I dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan ke manusiaan   dibidang  kesehatan   dan   siaga  bencana, mempromosikan 7 (tujuh) prinsip Palang Merah/Bulan sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

 

Tri Bakti PMR (Palang  Merah  Remaja), yakni 1) Meningkatkan Keterampilan Hidup Sehat. Ingin jadi remaja yang berkarakter bersih dan sehat? Bener banget kalau temen-temen milih gabung di PMR. Karena di PMR kita belajar tentang pertolongan pertama, remaja sehat peduli sesama, kesehatan remaja, ayo siaga bencana, dan donor darah. 2) Berkarya dan Berbakti di Masyarakat. Karena kita makhluk sosial, maka kehidupan kita gak akan pernah lepas dengan orang lain. Udah tahukan kalo ngebantu sesama itu penting? Dan yang lebih penting, membantu sesama itu menyenangkan lho. Nggak salah lagi kalo temen-temen gabung PMR, karena disitu memang tempat berkumpulnya remaja yang peduli, kreatif dan bersahat. Di PMR kita bisa bareng-bareng bantu sesama.3) Mempererat Persahabatan Nasional dan International. Pengen punya banyak teman? Apalagi punya teman dari daerah bahkan Negara yang berbeda? Aku punya berapa teman. Buanyak deh. Apalagi sejak gabung PMR. Aku punya temen dari Papua, Toraja, Aceh, Palembang, juga dari Belanda, Jepang, Denmark, Australia, Malaysia, Singapore, Philipina,...gak terhitung lagi. Dengan gabung PMR, kita akan belajar bagaimana menjalin persahabatan dengan orang lain. Bisa nasional bisa international. Asyiiik!!

 

Lambang Palang Merah. Tahun 1863, konferensi internasional diselenggarakan di Jenewa dan mengadopsi Lambang Palang Merah di atas dasar putih sebagai tanda pengenal Perhimpunan Nasional Palang Merah yang merupakan kebalikan dari bendera nasional Swiss. Tahun 1864, Konvensi Jenewa yang pertama menyatakan bahwa lambang Palang Merah diatas dasar putih secara resmi diakui sebagai tanda pengenal pelayanan medis angkatan bersenjata. Pada Konvensi Jenewa tahun 1906, waktu peninjauan kembali terhadap Konvensi Jenewa Tahun 1864, barulah ditetapkan lambang Palang Merah tersebut sebagai penghormatan terhadap Negara Swiss.

 

Dikalangan PMR, selain mengenal Lambang Palang Merah, juga ada Lambang Bulan Sabit Merah dan Lambang Kristal Merah.  Pertama mari kita kenali sejarah Lambang Bulan Sabit Merah. Tahun 1876 saat Balkan dilanda perang, sejumlah pekerja sosial yang tertangkap oleh Ottoman dibunuh semata-mata karena mereka memakai ban lengan dengan gambar palang merah.

 

Ketika pemerintah Turki diminta penjelasan mengenai hal ini, mereka menekankan kepekaan tentara muslim terhadap bentuk palang/salib dan mengajukan agar perhimpunan nasional serta pelayanan medis militer mereka, diperbolehkan untuk menggunakan lambang yang berbeda yaitu Bulan Sabit Merah. Gagasan ini perlahan-pelahan mulai diterima, memperoleh semacam pengesahan dalam bentuk 'reservasi' dan diadopsi sebagai lambang yang sederajat dengan lambang palang merah dalam konvensi tahun 1929. Lambang Bulan Sabit Merah di atas dasar putih yang saat itu dipilih oleh Persia (sekarang Iran) diakui sebagai lambang pembeda dengan fungsi dan tujuan yang sama dengan lambang palang merah, dan singa dan matahari merah sebagaimana tercantum pada Konvensi-konvensi Jenewa 1949 dan protokol tambahan I dan II 1977

 

Kedua mari kita kenali Lambang Kristal Merah. Tahun 2005 Kristal Merah diatas dasar putih diadopsi menjadi lambang alternatif apabila di suatu negara terjadi konflik bersenjata/perang atau bencana, maka negara yang menggunakan Lambang Palang Merah atau Bulan Sabit Merah, ICRC dan IFRC dapat menggunakannya secara khusus untuk kegiatan kepalangmerahan yang dilaksanakan di daerah tersebut.

 

Apa fungsi lambing PMR ? Lambang memiliki dua fungsi yaitu sebagai Tanda Pengenal dan Tanda Perlindungan. Pertama, Sebagai Tanda Pengenal, Lambang digunakan pada masa damai atau pada saat tidak terjadi konflik, perang atau pada saat tidak terjadi bencana. Gunanya adalah sebagai tanda pengenal: a) Identitas; bahwa seseorang adalah anggota Gerakan, staff, personel Perhimpunan Nasional, ICRC dan IFRC; b)  Hak milik; bahwa sesuatu seperti fasilitas, sarana, peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan adalah milik Gerakan (ICRC, Perhimpunan Nasional, IFRC). Dengan seizin Perhimpunan Nasional, tanda pengenal lambang dapat digunakan oleh pihak lain untuk tujuan mendukung kegiatan kepalangmerahan.

 

Kedua sebagai Tanda Perlindungan. Lambang digunakan ketika konflik, perang atau saat bencana terjadi. Fungsinya, untuk memberitahukan bahwa seseorang adalah anggota Gerakan dan menandai personel medis militer, sehingga harus dilindungi. Tanda perlindungan juga digunakan untuk menandai fasilitas medis militer (bangunan, peralatan, kendaraan termasuk kapal dan rumah sakit). Untuk tujuan ini, dalam pembuatan Lambang, tidak boleh ada sesuatu pun yang ditambahkan padanya, baik terhadap Palang Merah, Bulan Sabit Merah atau Kristal Merah atau pada dasar putihnya. Lambang tersebut harus berukuran besar dan mudah terlihat.

 

Untuk lebih tahu tentang Materi Ekstrakurikuler PMR (Palang  Merah  Remaja SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK, silahkan Kamu bisa mendownload kumpulan materi Ekstrakurikuler PMR (Palang  Merah  Remaja) yang tersedia pada link di bawah ini. Semua materi Ekstrakurikuler PMR (Palang  Merah  Remaja) gratis.

 

Berikut ini Link Download Materi Ekstrakurikuler PMR (Palang  Merah  Remaja), silahkan pilih materi yang diobutuhkan

 

Materi Pokok PMR

Gerakan Kepalangmerahan

Pertolongan Pertama (PP) Mula

Pertolongan Pertama (PP) Madya

Pertolongan Pertama (PP) Wira

Kepemimpinan PMR

Donor Darah PMR

Remaja Sehat Peduli Sesama

Perawatan Keluarga (PK)

Kesehatan Remaja PMR

Ayo Siaga Bencana (ASB) Mula

Ayo Siaga Bencana (ASB) Madya

Ayo Siaga Bencana (ASB) Wira

 

 

Materi Seputar Relawan

Materi Manajemen Relawan

 

Materi Bahan Ajar Pembinaan PMR

Buku Manajemen PMR

Buku Saku Pembina PMR

Buku Saku Tanda Kecakapan PMR

 

Materi Panduan Fasilitator

Panduan Fasilitator PMR Materi Gerakan

Panduan Fasilitator Materi Kepemimpinan

Panduan Fasilitator Pertolongan Pertama

Panduan Fasilitator Donor Darah

Panduan Fasilitator Remaja Sehat Peduli Sesama

Panduan Fasilitator Kesehatan Remaja

Panduan Fasilitator Ayo Siaga Bencana Mula

Panduan Fasilitator Ayo Siaga Bencana Madya

Panduan Fasilitator Ayo Siaga Bencana Wira

 

Demikian informasi tentang Download Materi Ekstrakurikuler PMR (Palang  Merah  Remaja) SD SMP SMA SMK, Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog