Tribun

Virus Corona

Afrika Selatan Alami Lonjakan Covid Varian Omicron, Rata-rata Kasus Harian Naik dari 300 Jadi 8.000

Afrika Selatan mengalami lonjakan kasus baru virus Corona (Covid-19) selama tiga minggu terakhir.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
Afrika Selatan Alami Lonjakan Covid Varian Omicron, Rata-rata Kasus Harian Naik dari 300 Jadi 8.000
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron - Afrika Selatan mengalami lonjakan kasus baru virus Corona (Covid-19) selama tiga minggu terakhir. 

TRIBUNNEWS.COM - Afrika Selatan mengalami lonjakan kasus baru virus Corona (Covid-19) selama tiga minggu terakhir, AP News melaporkan.

Kasus baru di Afrika Selatan meningkat dari rata-rata 300 per hari pada awal April menjadi sekitar 8.000 per hari minggu ini.

Rawat inap naik agak lebih tinggi, tetapi angka kematian tidak mengalami peningkatan yang parah, kata Profesor Marta Nunes, seorang peneliti di Analisis Vaksin dan Penyakit Menular di Rumah Sakit Chris Hani Baragwanath di Soweto.

"Kami masih sangat awal dalam periode peningkatan ini, jadi saya tidak ingin menyebutnya gelombang," kata Nunes.

"Kami melihat sedikit, peningkatan kecil dalam rawat inap dan sangat sedikit kematian."

Nunes menambahkan jumlah kasus baru sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi karena gejalanya ringan dan banyak yang sakit tetapi tidak dites.

Adapun gelombang baru Afrika Selatan berasal dari dua variasi Omicron, BA.4 dan BA.5.

Dua sub-varian itu tampak sangat mirip dengan strain asli Omicron yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan dan Botswana akhir tahun lalu.

"Mayoritas kasus baru berasal dari dua jenis ini. Mereka masih Omicron, tetapi secara genomik agak berbeda," kata Nunes.

Sub-varian itu kemungkinan dapat menginfeksi orang yang memiliki kekebalan dari virus dan vaksinasi Covid-19, tetapi umumnya menyebabkan penyakit ringan, katanya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas