Tribun

Dikunjungi Calon PM Singapura, Prabowo Dinilai Sosok Strategis dalam Dinamika Politik Dunia

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Keuangan Singapura H.E. Lawrence Wong

Penulis: Reza Deni
Editor: Endra Kurniawan
Dikunjungi Calon PM Singapura, Prabowo Dinilai Sosok Strategis dalam Dinamika Politik Dunia
Tribunnews.com/Istimewa
Pertemuan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Menteri Keuangan Singapura H.E. Lawrence Wong, Senin (17/5/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Keuangan Singapura H.E. Lawrence Wong, Senin (17/5/2022) di Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Kunjungan ini disebut bukan kunjungan biasa. Pasalnya, kunjungan tersebut mencerminkan peran strategis Prabowo dalam kancah politik luar negeri di tengah dinamika politik dunia.

Demikian dikatakan pengamat hubungan internasional Dinna Prapto Raharja.

Dinna menilai kedatangan Lawrence menemui Prabowo mencerminkan peranan Prabowo yang dianggap berpengaruh bagi posisi politik luar negeri Indonesia di tengah situasi dunia saat ini, utamanya perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Menurut Dinna, posisi Prabowo dalam hal ini tidak dilihat hanya sebatas seorang menhan.

“Dalam hal ini Prabowo tidak dilihat melulu karena jabatannya sebagai Menhan, tetapi juga peranannya memengaruhi posisi luar negeri Indonesia dalam situasi kawasan yang didesak untuk berpihak dalam isu Ukraina-Rusia, AS-China, dan dampaknya pada kerjasama pemulihan ekonomi pasca pandemi," ucap Dinna kepada wartawan, Selasa (17/5/2022).

Pendiri lembaga Synergy Policies itu menjelaskan Lawrence bukan hanya berkunjung dalam kapasitasnya sebagai Menkeu Singapura.

Sebagai informasi, Lawrence adalah calon pengganti Lee Hsien Loong sebagai Perdana Menteri Singapura setelah terpilih sebagai pemimpin Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa di Singapura pada Kamis (14/5/2022) lalu.

"Ini menunjukkan bahwa Lawrence bukan hanya berkunjung dalam kapasitasnya sebagai Menkeu, tetapi sebagai calon pemimpin Singapura," ujar Dinna.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas